Langkah Sukses Memulai Usaha Ternak Sapi Bagi Pemula

Dalam menekuni usaha ternak sapi pastinya sangat memerlukan keuletan dan kesabaran yang luar biasa. Terlebih diharuskan memperhatikan mengenai lingkungan sekitar dan kebersihan kandang. 

usaha-ternak-sapi-bagi-pemula

Lantas, bagaimana kiat kita agar sukses dalam beternak sapi secara baik dan benar? Untuk Anda yang sedang ingin memulai usaha ternak sapi bisa membaca artikel ini agar dapat sebuah susunan rencana mengurus sapi secara baik dan benar.

Mengenali jenis-jenis sapi
Ya, Anda harus dapat mengenali jenis sapi yang mungkin tidak banyak orang yang mengetahui. berikut ini jenis-jenis sapi yang  sering kita temui.

Sapi Madura
Sapi ini memiliki ciri pada  bagian punduknya yang memiliki warna putih pada bagian atas punduk dan mempunyai warna tubuh dominan merah atau bahkan kekuningan.

Sapi Ongole
Jenis sapi ini mempunyai ciri yang dapat Anda kenali melalui bahu atau sisi badan yang umumnya berwarna hitam.

Sapi Limousin
Sesuai dengan namanya jenis sapi ini memiliki postur tubuh yang besar dan kekar dan memiliki warna tubuh hitam bercampur merah bata.

Sapi Brahman
Ciri yang dapat Anda kenali ialah melalui warna tubuh yang dominan cokelat dan memiliki warna kepala putih. 


kiat-sukses-usaha-ternak-sapi

Langkah-langkah usaha ternak sapi dengan baik dan benar

1. Memilih Induk sapi terbaik
Dalam proses pemilihan induk sapi ini sangat berpengaruh dalam hasil usaha ternak sapi yang Anda jalani. Berikut ini langkah yang dapat ambil dalam proses pemilihan induk sapi.
  • Memiliki umur 2 tahun lebih
  • Memilih sapi jantan
  • Bentuk tubuh panjang dan lebar, serta memiliki tinggi setidaknya 170 cm
  • Tidak memiliki riwayat penyakit
  • Pastikan sehat 
2. Perhatikan kandang sapi
Perlu diketahui bahwa jenis kandang pun memiliki 2 tipe yakni kandang individu dan kandang kelompok.

Untuk kandang individu dapat menggunakan ukuran ideal yakni 2,5 m x 1,5 m. Dengan tipe kandang individu seperti ini dapat berpotensi memacu produksi serta perkembangan jauh lebih pesat. Selain itu, dengan menggunakan kandang jenis ini dapat menghindari persaingan pakan antara sapu satu dengan lainnya. Ini sangat cocok dalam proses penggemukan sapi.

Jangan lupa tetap perhatikan kebersihan kandang setiap waktu (dapat Anda tentukan). Dan perlu diketahui bahwa kotoran sapi ini dapat digunakan kembali sebagai pupuk tanaman loh!. Sangat menguntungkan bukan?

3. Mengatur Pakan Sapi
Langkah yang dapat Anda lakukan saat proses perkembangan atau penggemukan sapi ialah dengan memberikan pakan yang cukup dan baik untuk perkembangan. Seperti jenis pakan sapi yang umumnya telah di ekstrak dengan berbagai bahan seperti ampas tebu, ampas bir, ampas tahu, kulit biji kedelai dan lain sebagainya. Sedangkan pakan campuran Anda dapat menggunakan pakan seperti daun jagung, daun tebu, jerami padi, dan rerumputan.

4. Panen
Waktu terbaik untuk meraup keuntungan dalam usaha ternak sapi ialah tentu pada tiap tahun saat mendekati Idul Adha, Selain dapat terjual secara signifikan, Sapi-sapi ini pun kerap mendapati harga jual yang lebih tinggi dibanding dengan hari-hari biasanya.

Pada saat mendekati hari raya Idul Adha, hewan kurban sangat dicari dan beberapa faktor yang dapat menentukan kualitas hewan kurban yakni sebagai berikut:
  • Terlihat gesit
  • Tidak resah
  • Tidak cacat
  • Gairah makan yang baik
  • Memiliki bulu yang lembut
  • Tidak botak atau rontok
  • Mata yang bersih dan sehat
  • Tulang punduk yang tidak cacat
Dalam menjalankan usaha ternak sapi ini sangat dibutuhkan kesabaran dan ketekunan agar mendapati hasil yang optimal saat waktu mendekati masa panen (masa penjualan). Karena kalau Anda lalai bisa saja Anda mendapati suatu kerugian karena tumbuh kembang sapi-sapi tersebut.

Itulah tadi beberapa langkah dan kiat menjalani usaha ternak sapi yang cocok bagi Anda yang mungkin ingin memulai usaha bisnis di peternakan hewan. Semoga artikel ini bermanfaat dan untuk Anda yang menjalankan usaha ini semoga terus sukses ya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel