Lakukan Cara Ini Agar Blog Cepat Terindex Google

Para Blogger terkadang dipusingkan dengan masalah optimasi Blog salah satunya postingan atau artikel yang telah di publikasikan tidak langsung terindex Google atau mesin pencari.

Karena untuk mendapatkan sumber utama visitor secara organik yakni melalui mesin pencari Google itu sendiri dimana para pengunjung akan berdatangan melalui hasil pencarian kata kunci artikel terkait.

mesin-pencarian-google

Proses kerja sebuah Website atau Blog yang dapat dikunjungi bisa dimulai dari cara kerja Google bot yang akan mengenali dan mengindex serta memberikan peringkat Blog di mesin pencarian.

Cara Website Atau Blog Cepat Terindex Google

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimasi Blog agar dapat cepat terindex oleh Google. 

Daftarkan Situs Blog ke Google Search Console
Buka situs Google Search Console lalu daftarkan Website atau Blog yang Anda miliki dan jangan lupa untuk verifikasi kepemilikan ya.

Submit Peta Situs ke Google Search Console
Buka Google Search Console lalu klik peta situs atau add sitemap dilanjutkan dengan masukan peta situs Blog Anda dengan menambahkan sitemap.xml di akhir nama Blog Anda.

Inspeksi URL
Cara ini dilakukan untuk meminta Google agar dapat Crawl artikel. Caranya klik menu inspeksi URL di Google Search Console lalu masukan URL dari artikel yang ingin crawl agar secepatnya terindex oleh Google.

Share ke Media Sosial
Dengan kita membagikan artikel melalui media sosial, maka artikel atau blog Anda semakin dikenali oleh banyak pengguna internet dan bisa menjadi acuan crawl dan index Google semakin lebih cepat. 

Anda dapat menggunakan Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, dan beberapa media sosial lainnya untuk membagikan artikel Blog Anda.

Penjelasan Crawling, Indexing, Ranking, dan Google bot

indexing-blog-website

Crawling merupakan cara kerja Google bot yang melakukan pendataan dari berbagai situs dan melaporkan data tersebut kembali kepada Google. Hasil data tersebut kemudian direkam untuk dipelajari lebih lanjut.

Indexing merupakan hasil dari pencatatan yang telah dirangkum oleh sistem crawling tadi lalu dilanjutkan dalam list antrian Google.

Ranking ialah peringkat halaman melalui dasar pencarian Google yang menyajikan data sesuai dengan kata kunci yang ditentukan pengguna di Google Search.

Googlebot merupakan salah satau program Google yang diciptakan untuk memastikan sebuah Website dapat diakses. Dan mengumpulkan data terkait Website tersebut lalu memasukan ke daftar Website yang dapat diakses.

Bagaimana? apakah Anda sering mengalami permasalahan artikel Blog tidak dapat terindex Google?

Semoga dengan melakukan beberapa langkah diatas dapat menyelesaikan permasalahan Blog yang Anda miliki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel