Pahami Metode Hasilkan Beberapa Pupuk Organik

Dalam membuat pupuk organik baik cair atau padat kita harus perhatikan bahan bahan yang kita gunakan serta maksud dari pemupukannya. Bila tanaman sedang ada pada periode perkembangan dan tengah memerlukan daun yang banyak untuk mengolah makanan sebaiknya kita pakai bahan yang kaya akan nitrogen serta zat auksin karena bahan itu sangatlah bagus untuk perkembangan daun.

pupuk-pertumbuhan-tanaman

Tidak sama lagi bila mengharapkan pembuahan yang besar kita harus membuat pupuk organik berbahan yang memiliki kandungan kalium, kalsium, phosphat karena bahan bahan itu begitu bagus untuk pembesaran buah.

Langkah Menghasilkan Pupuk Organik Cair Untuk Periode Perkembangan
Sama seperti yang telah kita ulas di atas mau membuat POC atau pupuk organik cair dengan maksud perkembangan daun dan tangkai kita pakai bahan yang kaya akan nitrogen seperti daun sisa, sayur busuk, urin hewan ternak serta kotoran ayam, mengapa kotoran ayam, karena kotoran ayam kaya akan nitrogen yang bagus untuk tanaman terutama penghijauan.

Untuk bahan yang kaya akan auksin untuk perkembangan cabang dan puncak kita dapat pakai bawang merah dan tangkai rebung disamping itu anda bisa juga pakai bonggol pisang.

Langkah membuat begitu simpel sama dengan langkah membuat pupuk organik cair secara umum anda dapat pakai seluruh bahan itu atau beberapa saja, lalu leburkan seluruh bahan dapat memakai blander atau tumbuk sampai lembut lalu masukan ke tempat tong atau ember lalu campur mikroba pemusnah bahan tadi anda dapat pakai EM4 yang termudah di dapatkan di toko pertanian, kalau sudah baru anda masukan gula atau tetes tebu sebagai perangsang ataupun sumber tenaga untuk si mikroba tadi. Tutup rapat supaya mikroba bisa bekerja dan tidak boleh terserang cahaya matahari langsung.

Sesudah 3 hari maka tercium berbau tape atau berbau alkohol yang lezat, kalau sudah karenanya pupuk siap di pakai ke tanaman atau di semprotkan ke tanaman ingat dalam menggunakan dalam metode penyemprotan kita harus mengencerkan lebih dulu supaya tidak ada yang terbakar pada daun tanaman.

pupuk-organik-tanaman

Langkah Menghasilkan Pupuk Organik Cair Untuk Periode Pembuahan Tanaman
Kita telah mengulas bagaimana caranya membuat POC pada awal tanam dengan maksud perkembangan saat ini kita akan mengulas bagaimana membuat POC untuk periode masa pembungaan sampai periode pembuahan untuk tanaman atau yang kerap disebut periode generatif. Pada periode ini tanaman banyak memerlukan Kalsium, Kalium Sampai Posphat.

Untuk rekan yang ingin membuat pupuk organik cair ini anda harus mempersiapkan bahan yang kaya akan keperluan tanaman itu seperti serabut kelapa, air cucian beras, kulit telur, kotoran kambing atau kotoran sapi serta kulit pisang seluruh bahan itu dapat anda campur jadi satu atau anda dapat pilih satu diantara bahan itu.

Sesudah bahan siap, anda tinggal memusnahkannya sampai halus, anda dapat pakai blander atau anda tumbuk sampai halus. Saat semuanya sudah lembut anda masukan di dalam tong atau ember lalu campur dengan mikroorganisme pemisah seperti EM4 dan lain-lain baru kita tambah gula atau tetes tebu sebagai perangsang mikroba supaya ingin bekerja merinci bahan tadi. Baru sesudah 3 hari pupuk siap untuk di pakai dengan di tuangkan di dalam perakaran atau di semprotan dengan konsentrasi yang rendah.

Langkah Menghasilkan Pupuk Organik Dari Kotoran Sapi
Saat ini kita akan ulas bagaimanakah cara menghasilkan kotoran hewan khususnya sapi jadi pupuk organik padat yang siap di pakai untuk menambah konsumsi gizi untuk tanaman. Kotoran sapi secara umum berbetuk kental dan menggumpal oleh sebab itu kita perlu memakai cacahan jerami atau sekam padi.

Bahan itu berperan sebagai serat yang nanti akan jadikan kotoran sapi tidak menggumpal. Pertama langkahnya kita campur di antara kotoran sapi dan sekam secara rata lalu kita siramkan mikroba pemisah seperti EM4 misalnya yang sudah kita encerkan dengan memakai air serta gula atau tetes tebu. Selanjutnya dapat kita tutup memakai yang lain atau terpal. Sesudah 3 hari lalu kita aduk sampai supaya udara panas yang bisa keluar hingga mikroba masih tetap hidup.

Berhati-hati dalam pengadukan karena panasnya dapat capai 80 drajat celcius. Tidak boleh khawatir ini malah mengisyaratkan mikroba bekerja dengan sempurna. Kerjakan pengadukan setiap 3 hari sekali sampai udara panas pada pupuk hilang. Bila kotoran sapi tidak menggumpal dan tidak ada udara panas karena itu pupuk organik padat siap untuk di gunakan.

Langkah Membuat Pupuk Organik Padat Dari Tersisa Sampah Rumah Tangga
Untuk anda yang mempunyai sampah rumah tangga anda bisa juga memakainya untuk menjadikan pupuk, dah bahkan juga gizi yang terdapat lebih optimal, saya sendiri seringkali memakai pupuk dari tersisa sampah ini. Pertama anda harus memisah sampah itu yang memiliki kandungan kertas dan plastik.

Selanjutnya kita potong kecil supaya tergerai, berkisar ukuran 1 cm. Baru kita taruh di dalam tong yang sudah kita lubangi sebelumnya pada bagian bawah. Supaya air tersisa peragian bisa terbuang hingga pupuk menjadi kering.

Sesudah seluruh  bahan ada dalam tong segera siram dengan mikroba pemisah seperti EM4 misalnya anda bisa juga menambah dolomite bila Anda punya bila tidak ada maka abu bakar atau sekam bakar bisa digunakan dalam hal ini. Baru di susunan teratas kita tambah tanah setinggi 10cm supaya tidak berbau busuk yang keluar dari sisa-sisa sampah tadi.

Nantikan sampai sebulan karena itu pupuk organik padat dari tersisa sampah rumah tangga siap untuk di gunakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel