Mengobati Batuk Dahak Anak Tak Kunjung Hilang

Kecemasan orang tua akan kesehatan anak yang sedang memburuk janganlah terlalu berlebihan khususnya saat anak mengalami batuk dahak yang tak kunjung hilang. Karena pada dasarnya batuk merupakan refleks normal dalam proses pembersihan lendir dari saluran pernafasan.

anak-batuk-berdahak

Ada baiknya selaku orang tua mencari tahu penyebab batuk dahak pada anak dan memikirkan cara bagaimana mengobati batuk dahak pada anak tersebut.

Penyebab Batuk Pada Anak

Iritasi
Udara yang kotor, asap, dan debu sangat memicu munculnya batuk karena karena saluran pernafasan yang teriritasi.

Alergi
Tidak sedikit anak memiliki alergi pada bagian hidung, hal ini akan menyalurkan lendir ke tenggorokan lalu menyebabkan batuk yang berkepanjangan.

Asma
Memiliki gejala asma juga dapat membuat batuk kian tidak dapat terkontrol.

Infeksi Bakteri
Terinfeksi bakteri seperti sinus dapat menyebabkan batuk yang cukup serius pada anak.

Infeksi Virus
Terinfeksi virus yang ada disekitar lingkungan seperti pada umumnya virus flu dan pilek.

Mengatasi Batuk Dahak Pada Anak

Istirahat Cukup
Apabila anak sedang tumbuh pada masa aktif dan terserang batuk dahak, maka baiknya untuk lebih banyak beristirahat yang bertujuan agar tidak menambah aktifitas yang dapat memperburuk kondisi kesehatan anak.

Perbanyak Minum Air Putih
Air putih mampu mengencerkan lendir yang ada pada saluran pernafasan anak dan menenangkan area tenggorokan. Dengan begini disarankan untuk lebih banyak meminum air putih untuk memulihkan kembali kesehatan anak khususnya saat batuk berdahak.

Hindari Udara Berasap
Area rumah atau lingkungan yang tidak sehat seperti udara berasap akibat rokok sangat tidak baik untuk anak yang sedang mengalami batuk. Maka itu, jauhkan anak pada lingkungan tersebut agar tidak memperburuk kondisi anak yang sedang batuk.

Jangan memberi obat-obatan sembarangan pada anak, karena hal ini dapat saja memperburuk kondisi anak bahkan overdosis karena pemberian obat dan efek samping yang ditimbulkan dari obat tersebut.

Umumnya batuk yang disebabkan virus bisa terjadi dalam kurun waktu hingga 3 minggu, dan batuk yang terjadi pada anak dalam waktu yang lebih lama bisa diakibatkan karena alergi dan asma yang tidak terkontrol bahkan juga infeksi bakteri yang cukup berat.


Berkunjung Ke Dokter
Apabila batuk anak tidak kunjung reda bahkan diselingi rasa demam tinggi serta terkadang terlihat anak menjadi sesak nafas dan tidak nyaman bahkan sering muntah. Maka, lekaslah bawa anak tersebut ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat seperti pemeriksaan kesehatan anak serta mendapatkan obat yang telah dianjurkan oleh dokter untuk mengobati penyakit yang ada pada anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel