Mengetahui Landasan Dasar Pemrograman Website

Apa yang dimaksud Website?
Website merupakan adalah kelompok halaman yang sama-sama terkait dan biasanya di simpan dalam suatu server. Biasanya sebuah situs berisi data yang disiapkan secara individual, organisasi, atau group.

dasar-pemrograman-website

Fungsi Website Programming Dapat meningkatkan langkah berpikir yang terstruktur
Membuat jalan keluar dari satu persoalan dengan memakai teknologi. Contoh, beberapa orang kesusahan cari data mengenai coding, karena itu kita dapat meningkatkan situs yang mengulas mengenai hal itu.

Contoh yang lain, UMKM yang memiliki persoalan mendapati customer, karena itu kita dapat membuat website yang menghadapkan pelaksana usaha dengan pelanggannya dari semua Indonesia yang mana sudah dijalankan oleh Achmad Zaky dengan Bukalapak. Dapatkah anda mendapatkan sendiri satu permasalahan yang terjadi di sekelilingmu dan perlu dituntaskan dengan teknologi website?

Kenapa Belajar Website Programming?
Ada beberapa hal yang membuat kita harus belajar situs programming. Yang pertama, teknologi website ialah teknologi yang terus berkembang sampai saat ini. Argumen ke-2 , walau banyak yang menjelaskan mobile akan mengambil alih situs, tetapi kenyataannya situs masih digunakan oleh beberapa orang.

Bahkan juga program mobile kenyataannya banyak tergantung pada mekanisme situs sebagai pusat penyimpanan data. Argumen yang paling akhir, situs programming lebih simpel untuk didalami untuk orang pemula yang buta dengan pemrograman.

Karena tingkat kesusahan yang lebih rendah, beberapa orang yang awalnya tidak mengetahui programming benar-benar dapat sukses jadi seorang website programmer.


Rancangan Client dan Server
Client dan server ialah sisi utama pada situs development. Bedasarkan perannya, pemrograman situs dipisah jadi dua yakni backend dan frontend. Frontend ialah sisi situs yang dapat disaksikan langsung oleh pemakai.

Misalkan, saat kita buka Facebook atau Twitter, karena itu halaman-halaman yang ada sebagai sisi dari frontend. Saat kita mendaftarkan, melakukan login, mengirimi pesan, mengupload gambar, dan tindakan di mana kita perlu ambil atau simpan data, karena itu beberapa aksi itu akan terjadi di backend yang tidak dapat kita saksikan bagaimana beberapa aksi barusan terjadi.

Frontend dan backend benar-benar kuat hubungannya. Bila sebuah situs cuma mempunyai penampilan atau frontend saja, karena itu dia tidak dapat lakukan suatu hal yang aktif. Kita tidak dapat cari data atau simpan data dalam suatu situs yang tidak mempunyai backend. Kebalikannya, bila kita cuma membuat backend-nya saja, pemakai tidak dapat berhubungan dengan situs yang kita bikin, yang mengakibatkan situs kita tidak ada yang menggunakan.


Ketidaksamaan Client Side dan Server Side
Untuk client side semua proses terjadi disamping pemakai, client me-request data ke server di mana data dikirim ke server. Pada client side yang diperlihatkan ialah halaman situs yang berupa halaman HTML, CSS, dan JS.

Dan untuk server side semua proses terjadi disamping server yakni di komputer di cloud atau server.Server side bertanggung jawab memberi respon data yang di request oleh client side. Server side yakni tempat di mana database, API, atau server side rendering terjadi, sebagai contoh bahasa pemrograman PHP berjalan pada server dan di perlihatkan ke client sebagai file HTML.


Website Server / Hosting
Hosting ialah persewaan tempat untuk memuat beberapa data yang diperlukan oleh sebuah web yang dapat berupa gambar, e-mail, script, database, atau file. Hosting umumnya berbayar dengan opsi beberapa paket yang dapat diputuskan dari kisaran harga belasan ribu sampai juta-an rupiah terkait detail yang dibutuhkan.

Hosting mempunyai peranan yang penting untuk sebuah situs karena hosting lah yang membuat situs kita dapat dijangkau oleh seseorang lewat internet. Bila situs yang dibikin cuma tersimpan di komputer kita saja, jadi tidak ada seseorang yang dapat memakai situs itu.


Domain
Domain merupakan nama unik yang diberi untuk mengenali alamat. Contoh (IP address) server komputer seperti situs server atau e-mail server di internet.

Bila di analogikan domain ialah alamat rumah sedang hosting sebagai rumahnya.


Prinsip Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman ialah skema sifat dan keyword yang bisa diubah ke bahasa mesin hingga bisa digerakkan oleh komputer.

Bahasa pemrograman situs ialah bahasa pemrograman yang dipakai untuk membuat program berbasiskan web.

Type Bahasa Pemrograman
Ada dua type bahasa pemrograman situs yakni :
  • Client Side Language
  • HTML
  • CSS
  • JavaScript
  • Server Side Language
  • PHP
  • Java
  • Python
  • Perl
  • Node.JS
  • Ruby

Website Browser
Website browser ialah software yang dipakai untuk berselancar di internet atau cari info dari satu situs website. Website browser mempresentasikan document HTML ke wujud visual.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel