Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlu Dicoba! Tips Menghemat Uang Untuk Anak Kost

Jadi anak kost banyak rintangan, ini karena seorang akan jauh dari keluarga dan tinggal di kost yang simpel untuk tempuh tingkatan pengajaran atau bisa saja sedang bekerja di luar daerah. Anak kost dituntut untuk berdikari, untuk anda masih siswa atau mahasiswa secara periodik anda akan dikirim uang dari orangtua.

Umumnya orangtua akan mengirim uang dan terkadang juga sedikit sembako untuk anaknya yang berusaha sendiri di kota orang. Meskipun anda masih dikirim uang oleh orangtua, sebaiknya tidak boleh berfoya-foya alias boros yang bakal mempersulitmu nantinya. Saat uang habis, untuk anda yang mempunyai orang-tua yang ada tentunya benar-benar gampang minta. Tetapi bagaimana bila orangtuamu kurang sanggup?

menghemat-uang

Oleh karena itu, coba untuk mengirit pengeluaran agar bisa memakai uang dengan bijak. Pada kesempatan ini kita akan mengulas bagaimanakah cara mengirit uang ala-ala anak kos. Panduan berikut berguna untuk siapa saja yang di tanah rantau dalam menempuh tingkatan pengajaran atau pekerjaan.


Kurangi Bergaul Di cafe

Bila umumnya anda sering bergaul di kafe tiap malam atau saat waktu istirahat, kemungkinan ini salah satu perihal yang membuat uangmu cepat habis. Mungkin anda bisa mengawali hal baru dengan jarang mengunjungi kafe, hal ini akan mengirit pengeluaran dan sampai bulan akhir nanti, Tetapi lain pendapat lain mengatakan bila anda tinggal di kost yang sudah sediakan sarana wifi, ini akan membuat kamu lebih irit meskipun harga sewa kost sedikit mahal.


Masak Sendiri

Bila anda terlatih makan di luar, coba untuk mengirit dengan makan di kost dengan mengolah nasi sendiri. Umumnya beberapa warung nasi akan jual nasi dan lauk di antara Rp.12.000 sampai Rp. 18.000, Anggaplah Rp.12.000 x 3 = Rp.36.000 dalam satu hari, dikali 30 = Rp.1.080.000.

Jadi untuk makan saja anda akan keluarkan uang lebih kurang sekitar Rp.1.080.000 dalam sebulan. Coba bandingkan bila anda masak sendiri di kost tentunya pengeluaranmu makin lebih berkurang, Tetapi anda tidak perlu memaksakan diri untuk terus menerus masak sendiri, kadang-kadang anda bisa membeli di warung pada harga yang terjangkau.


Memilih Tempat Makan

Bila anda tidak dapat masak, tidak sempat pernah, atau tidak ingin ribet. Kecuali masak sendiri, anda dapat makan di warung-warung paling dekat yang harga setingkat dengan anak dapat dijangkau atau kost. Tetapi pasti makanan yang dihidangkan mempunyai porsi lebih kecil karena sesuaikan dengan harganya, Tetapi ini akan membuat keuanganmu jadi konstan, dan tidak boros dibanding makan ditempat-tempat mahal yang bakal membuat kamu frustasi tiap tengah bulan karena tidak berasa uangmu cepat habis.


Memilih Air Putih

Saat anda sedang makan di luar, tentunya anda akan diberi opsi minuman. Bila anda terlatih minum dengan minuman botol, coba untuk melatih diri dengan minum air putih sesudah makan, Anggaplah minuman botol harga sejumlah Rp.5000, bila anda tiap makan minum dengan minuman yang serupa dalam 3 waktu anda akan keluarkan uang sejumlah Rp15.000 yang bila dikalikan satu bulan jadi Rp. 450.000, Pikirkan bila anda cuman minum air putih saja yang umumnya gratis, anda dapat mengirit uang sekitar itu kan?


Membawa Uang Pas

Salah satu perihal yang menyebabkan pemborosan ialah bila ketahui jumlahnya uang yang banyak di dalam dompet. Andaikan anda bawa uang sejumlah seratus ribu rupiah, karena itu kemungkinan anda akan beli makanan yang cukup mahal dan nikmat, Beda hal nya bila anda membawa uang cuma sejumlah Rp.20.000, karena itu secara automatis anda akan beli makanan yang sesuai segi dompet. Hal simpel ini baik untuk mendesakmu masih hidup irit.


Tidak Menggunakan Jasa Laundry

Anak kost dituntut menjadi seseorang yang serba berdikari, jadi sepanjang bisa dilaksanakan sendiri buat apa bayar orang untuk melakukan seperti hal nya membersihkan baju. Untuk anda yang ingin kurangi pengeluaran dan hidup irit, coba untuk stop membersihkan baju di layanan laudry.

Meskipun layanan laundry menetapkan harga yang cukup dapat dijangkau, bila dibanding dengan membersihkan baju sendiri anda bisa mengirit uang yang sampai beberapa puluh ribu. Ucapkanlah baju kotormu sekitar 5 kg dalam satu minggu, bila laundry menetapkan harga 1 kg sejumlah Rp.5.500 karena itu anda akan keluarkan uang sekitar Rp.27.000 dalam satu minggu dikali satu bulan jadi Rp.108.000.

Bila anda membersihkan baju sendiri, anda cuman keluarkan dana sejumlah Rp.20.000 sampai Rp.40.000 untuk ongkos detergen dan pengharum baju yang bisa bertahan sampai sebulan lebih atau sampai dua bulanan.


Kata akhir, itu cara-cara mengirit uang anak kost supaya makmur dalam perantauan. Sepanjang ngekost sebaiknya kerjakan apa yang bisa anda kerjakan sendiri. Anda bisa mengirit uang bila mempunyai niat yang kuat. Tidak boleh terlampau mengikut gengsi, lebih bagus hidup seperti kekuatan dan keuanganmu saat ini.