Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Perbedaan Processor Intel Vs AMD Sebelum Membeli Laptop

Anda sedang ingin membeli sebuah laptop namun bingung dalam memilih jenis processor antara Intel atau AMD? Anda bisa menyimak beberapa perbedaan Intel dan AMD ini sebagai bahan pertimbangan Anda untuk memilih jenis processor yang akan Anda gunakan nanti.

prosesor-laptop

Dalam hal  teknologi khususnya laptop, tentunya ada satu sisi penting yang perlu Anda pahami agar laptop dapat bekerja secara optimal yakni kinerja sebuah processor itu sendiri. Untuk laptop dapat bekerja lebih baik maka dipelukan processor dengan performa yang baik pula. Kini ada dua merek processor yang merajai pasar laptop yakni Intel dan AMD.

Siapa yang tidak mengenal dengan ke-2 jenis merek processor tersebut? Untuk Anda yang sebelumnya menggunakan laptop pasti sudah tidak asing lagi dengan Intel dan AMD tentunya. Namun, sering kali menjadi bahan perbincangan terkait performa ke-2 jenis processor ini. Jika Anda yang sedang ingin membeli sebuah laptop baru, baiknya pahami beberapa perbedaan antara Intel dan AMD ini.

Test Grafis Game
Saat ini beragam jenis game telah tersedia dan bisa Anda mainkan di laptop, baik jenis game adventure maupun FPS. Terutama dalam game FPS yang sangat memerlukan kemampuan processor untuk dapat memainkan game tersebut secara lancar dengan tanpa hambatan. Untuk grafis game sendiri, AMD dapat membuktikan lebih baik dibanding Intel. Karena, performa processor AMD dapat bertahan di dalam status yang setara meskipun temperatur laptop kian meningkat.

Kecepatan Kinerja
Saat Anda menggunakan laptop pasti Anda menginginkan laptop tersebut bekerja secara cepat seperti membuka program banyak (multitasking) atau mengerjakan pekerjaan secara bersamaan dengan membuka program lainnya di laptop. Dalam segi kecepatan itu sendiri, melalui test benchmark menunjukan bahwa Intel jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan AMD. Walau tidak kalah secara mutlak, dalam test benchmark Intel masih lebih unggul.

Multimedia
Dalam penggunaan laptop, ada proses management temperatur suhu dan saat ini Intel dapat dikatakan lebih baik dibanding AMD, pendapat inti ialah teknologi baru yang membuat performa processor akan diturunkan pada saat temperatur suhu meningkat. Dengan system automatis ini, laptop yang menggunakan  processor Intel temperatur suhu jauh lebih terkontrol jika dibandingkan AMD

Dalam penggunaan laptop, segi multimedia termasuk hal yang sangat penting karena dapat memberi kemudahan yang ditawarkan. Dalam hal ini, Intel lebih baik jika dibandingkan dengan AMD karena gambar yang dihasilkan jauh lebih tajam tidak serupa dengan AMD. Ini bisa dibuktikan pada dunia game itu sendiri.

processor-laptop

Temperatur Suhu
Saat Anda menggunakan laptop, tentunya temperatur suhu naik secara perlahan. Maka itu, sangat dibutuhkan management temperatur suhu yang baik yang telah ditetapkan oleh processor tersebut, tidak hanya dengan sebuah kipas dan saluran udara saja.

Anti Virus
Pada waktu penggunaan laptop, tentunya Anda khawatir jika laptop terserang virus. Dalam processor AMD ia dapat mengatasi hal tersebut dengan teknologi yang dapat mendeteksi virus sebelum masuk ke laptop Anda. Sayangnya, Intel belum mempunyai teknologi serupa dalam menangai virus.

Harga
Ini salah satu aspek terpenting yakni persoalan harga, seperti yang kita ketahui bahwa laptop dengan processor Intel dan AMD memiliki harga yang berbeda-beda. Dan saat ini harga laptop dengan processor Intel cenderung lebih mahal sedikit dibanding AMD (tergantung tipe).

Nah, itulah beberapa perbedaan terkait jenis processor laptop Intel dan AMD yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda saat ingin membeli sebuah laptop baru. Baik Intel ataupun AMD semua pilihan tergantung pada pilihan Anda.