Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Cara Melindungi Modal Dalam Dunia Trading

Pada postingan lanjutan ini, Meysa Yulifa akan menjelaskan mengenai aturan 2% yang begitu vital dalam menentukan ketahanan modal kita.

trading-cut-loss

Lindungi modal anda dari ikan piranha. Ikan sungai Amazon yang dengan amat singkat menghabisi mangsanya. Aturan 2% akan melindungi anda dari menjadi mangsa ikan piranha.

Misalkan modal anda Rp 100 juta. Jangan biarkan rugi dalam setiap posisi lebih dari 2% dari total modal. Jadi maksimum rugi adalah Rp 2 juta. Jika anda memiliki posisi TLKM Rp 20 juta maka anda tidak boleh rugi lebih dari Rp 2 juta di posisi tersebut. Berarti anda tidak boleh rugi lebih dari 10% di posisi tersebut. Sekarang kita asumsikan posisi kita di TLKM Rp 40 juta. Berapa % maksimum rugi yang anda boleh tanggung di TLKM dengan jumlah posisi Rp40 juta tersebut? Jawabannya adalah 5%.

Tambah besar posisi kita maka tambah ketat Cut Loss kita. Misalkan kita punya posisi di TLKM Rp 100 juta dari modal Rp 100 juta maka CL kita hanya boleh 2% akan tetapi jika kita hanya memiliki TLKM seharga Rp 5 juta maka CL kta bisa 40% jika dikaitkan dengan aturan 2%.

Dengan kata lain jika bertambah besar posisi CL kita tetapkan maka bertambah kecil jumlah saham yang boleh kita miliki. Sesuatu yang baik dibalik aturan 2% adalah maka jika kita kalah terus dan dengan ketat menerapkan aturan 2% maka kita kalah 50 x barulah modal kita habis.

Saya yakin bahwa para trader jika telah kalah 20 x berturut-turut maka dia akan bertanya mengapa dia kalah terus dan akan mendorong dia mempelajari kesalahannya. Waktu dia sadar akan kesalahannya maka dia masih memiliki modal sisa sebesar 60% yang cukup untuk dipakai trading kembali setelah setelah dia mempelajari kesalahannya.