Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Dan Teknik Mengenai Investasi Atau Trading

Sangat penting sebelum bertransaksi kita menempatkan diri apakah sebagai seorang investor ataukah sebagai seorang trader. Keduanya sama-sama mencari peluang di pasar modal akan tetapi taktik dan strateginya berbeda dan kadang-kadang berlawanan.

investasi-trading

Sebaiknya hanya sebagian kecil dari modal saja yang kita gunakan untuk trading. Walaupun dana yang digunakan kecil, trading memberikan peluang keuntungan yang sangat besar dari puluhan bahkan ratusan persen setahun asalkan kita melakukannya "secara benar".

Peluang keuntungan yang besar tersebut dimungkinkan karena trading dapat dilaksanakan didalam segala kondisi pasar baik kondisi bearish, kondisi bullish maupun kondisi sideways dengan memanfaatkan fluktuasi harga dalam setiap kondisi.

Trader juga melihat rentang waktunya dibagi dalam beberapa kategori, antara lain:

Scalper melakukan trading puluhan sampai ratusan kali sehari yang dimungkinkan dalam abad teknologi ini. Dia mencari untung yang kecil tapi sering.
Intraday trader yang melakukan trading di hari itu juga. Baik scalper maupun intraday setiap sore "pasti" mengosongkan posisinya.
Day trader melakukan trading dalam hitungan 1 atau dua hari.
Swing trader memegang posisi dalam hitungan hari sampai 2 minggu.

Momentum trader melakukannya 1-6 bulan.
Investor, kita anggap memegang posisi lebih dari 6 bulan.

Trading digunakan sebagai cara untuk mencari penghasilan (income) sedangkan investing adalah cara untuk melipatgandakan kekayaan (growth investing, value investing). Hanya sebagian kecil dari modal anda yang boleh digunakan untuk trading. Selebihnya harus dipakai untuk investing seperti di reksadana misalnya.