Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah Beriklan Di Fb Ads Cocok Untuk Pemula

Facebook Advertensi (Ads), seperti namanya manfaat fitur ini banyak digunakan orang sebagai sarana untuk pebisnis untuk mempromosikan produk usaha lewat sosial media Facebook. Sama dengan Google Ads, Anda bisa juga pilih sendiri siapa sasaran audience yang bakal diincar saat berpromosi di Facebook Ads.

fb-ads-pemula

Perbedaannya, capaian iklan yang tampil pada Google Ads makin lebih luas media platformnya di mana dapat ada di website mana saja, sedang Facebook Ads cuma tampil di basis Facebook saja.

Walau demikian, sampai sekarang ini pemakaian Facebook sebagai media untuk memperkenal dan pasarkan sebuah produk tetap menjadi opsi sebagian besar marketer. Facebook dipandang lebih efisien untuk menggandeng pasar dan pelanggan prospektif untuk sebuah bisnis.

Di tahun 2018 saja, hasil data penelitian We Are Social mengutarakan jika pemakai aktif dari Facebook capai sampai 2,17 miliar lebih tiap bulannya. Ini pasti jadi kesempatan besar untuk beberapa pelaku bisnis untuk menarik calon customer prospektif dan mengoptimalkannya lewat Facebook Ads.

Saat sebelum Mengawali Facebook Ads, Yakinkan Hal Berikut :

Supaya bisa memakai service Facebook Ads, pertama yakinkan jika Anda telah membuat account usaha atau fanpage. Tidak boleh menambahkannya dengan account individual, karenanya bisa berpengaruh pada integritas usaha yang digerakkan.

Anda pun tidak dapat memakai fitur iklan dari Facebok kini, bila memakai account personal. Karena itu bikinlah fanpage, supaya bisa mempromokan produk usaha Anda. Jika fanpage sudah tercipta, selanjutnya persiapkan konten.

Walau berbayar, bukan bermaksud Anda tidak memerhatikan kualitas konten. Facebook Ads di sini cuma sebatas media untuk membagikan content ke sasaran audien yang spesifik. Jadi content yang nantinya dibagikan harus tetap berkualitas tinggi.

Content jadi salah satunya kunci khusus dari kesuksesan sebuah iklan. Oleh karena itu bikinlah content yang memikat dan informatif hingga dapat tarik perhatian audience usaha Anda.

Konsentrasi pada pengerjaan content yang dapat menggerakkan hubungan, seperti tanggapan dan sharing supaya dipandang seperti content yang mempunyai high value. Karena Facebook akan memprioritaskan posting-an yang mempunyai banyak engagement.

Seterusnya Anda akan diberi opsi sasaran audiens. Anda dapat memastikannya berdasar rujukan ketertarikan, usia, umur, gender, atau bahkan juga kelas ekonomi. Ini akan menolong Anda untuk mengoptimalkan iklan ke sasaran audience yang lebih spesifik.

Yang tidak kalah penting ialah biaya iklan. Seperti disebut awalnya jika service Facebook Ads ini berbayar. Jadi Anda harus mempersiapkan beberapa dana untuk dapat memakai Fb Ads ini.

Terakhir, tentukan tipe iklan yang ingin Anda gunakan. Harus dipahami, Facebook sediakan beberapa macam iklan yang dapat disamakan dengan keperluan advertiser. Agar semakin jelasnya, baca pembahasan berikut ini.


social-media-marketing

Tentukan Tipe Iklan Facebook yang Ingin Anda Pakai

Untuk Anda yang bingung dan belum paham tipe iklan yang ditawari oleh Facebook, dapat meringkas pembahasan berikut ini. Tiap tipe iklan mempunyai peran masing-masing. Hingga bisa disamakan dengan keperluan advertiser.

Page Post Engagement
Peranan khusus dari tipe iklan ini untuk menaikan rekam jejak atau engagement posting berkaitan produk usaha Anda. Content yang dipakai bisa berbentuk text, video, link web, atau penawaran yang sudah dibikin sebelumnya.

Page Post Engagement ini memungkin advertiser untuk menyebarluaskan postingan ke publik pemakai Facebook yang lebih luas. Dengan demikian kesempatan untuk memperoleh engagement (likes, sharing, atau comment) berlimpah akan makin besar.

Page Likes
Seperti namanya, iklan ini diperuntukkan untuk mengoptimalkan jumlah like Fanpage Usaha Anda. Tentu saja dengan adanya banyak pemakai Facebook yang menyenangi account usaha, karena itu makin banyak juga orang yang menyukai dan yakin dengan usaha Anda. Ini dapat meminimalkan kebimbangan calon konsumen setia untuk beli produk yang Anda tawarkan.

Bahkan juga jumlah likes fenomenal akan menolong Fanpage yang Anda urus ada di news feed tak perlu bayar. Bagaimana triknya? Saat seorang likes Fanpage usaha Anda, karena itu secara automatis rutinitas itu akan ada di news feed teman-temannya. Dengan demikian, Anda sudah dapat menghemat pengeluaran biaya promo bukan, karena gratis.

Klik to Web
Proses dari klik to web ini hampir serupa dengan Page Post Engagement Ads, tetapi lebih konsentrasi arahkan sasaran audience untuk klik ke website. Ada tombol call to action yang bakal ajak audience buka halaman web yang diartikan. Makin bagus gambar dan content, kesempatan audience untuk buka makin besar.

Web Conversions
Web conversion ini dapat disebut beberapa langkah semakin maju dari klik to website. Di mana audience langsung diajak untuk lakukan transaksi bisnis di website. Jadi bukan hanya berkunjung web saja, tetapi ada action disitu. Tinggal infokan apa yang Anda harapkan, apa checkout, registration, atau leads.

Moment Response
Tipe iklan yang ini diperuntukkan untuk mempromokan sebuah moment, misalkan acara pameran UKM atau bazar, dan lain-lain. Saat memakainya, yakinkan membuat content yang memikat, lalu promosikan ke pasar yang lebih spesifik.

App Install/App Engagement
Bila usaha Anda sudah diperlengkapi dengan program mobile, untuk mempromosikannya dapat memakai service ini. App Install/App Engagement akan ajak semakin banyak audience untuk mengambil program usaha Anda.


iklan-fb-ads

Langkah Berpromosi di Facebook Ads untuk Pemula

Bukan hanya ketahui langkah berpromosi di Facebook, tetapi Anda pun harus menjadikan sebagai kemampuan dalam berbisnis. Dengan demikian Anda dapat semakin mengoptimalkan iklan yang digerakkan. Berikut panduan komplet langkah berpromosi di Facebook :

Login Facebook Ads
Untuk masuk di halaman Facebook Ads, Anda dapat ke arah pada menu samping kanan sudut atas profile Facebook. Selanjutnya click simbol panah yang mengarah ke bawah dan tentukan "Create Ads". Secara automatis Anda akan masuk di halaman Facebook Ads Manager.

Lakukan Penataan Facebook Ads
Selanjutnya Anda akan ditujukan ke halaman form berisi penataan Facebook Ads. Isi semua data yang dibutuhkan dan turuti tiap cara yang disarankan.

Pada tingkatan berikut, setting iklan dilaksanakan. Dimulai dari tentukan tipe iklan, nama campaign, tentukan sasaran audience, atur anggaran sampai Anda dapat menampilkan agenda iklan.

Jika semua data sudah Anda isi, selanjutnya click "Continue". Anda akan ditujukan ke halaman seterusnya dan click "Create New Ads". Lalu pahami cara berikut untuk mengendalikan content yang bakal diiklankan:

Tentukan Fanpage usaha Anda
Tetapkan pola iklan yang bakal dipakai. Apa berbentuk gambar, video, atau slideshow
Janganlah lupa untuk isi halaman deskripsi iklan. Bikinlah sangat menarik dan informatif lalu "Click Confirm".

Mengontrol Bill Facebook Ads
Jika semua data yang dibutuhkan pada Facebook Ads sudah anda lakukan, seterusnya Anda akan ditujukan masuk di halaman "Payment" dan dapat pilih sistem pembayaran seperti yang diharapkan. Pembayaran dapat dilaksanakan lewat kartu debet atau credit.

Kemudian, Anda tinggal mengikut beberapa langkah seterusnya dalam lakukan proses pembayaran. Sampai step ini, Anda telah sukses membuat iklan di Facebook.

Berlangganan via Email