Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dropship Shopee Ke Shopee Tidak Bisa? Lakukan Cara Ini

Ingin coba jualan online namun bingung karena tidak mempunyai produk? Tenang! Di zaman serba modern ini Anda dapat lakukan hal tersebut dengan mekanisme dropship. Sekarang ini mekanisme dropship sedang digemari banyak kelompok karena berpotensi keuntungan yang tidak sedikit. Tetapi, semua pasti membutuhkan pengorbanan dan keuletan, terhitung bila Anda memutuskan untuk dropship dari Shopee ke Shopee.

logo-shopee

Marketplace seperti Shopee, Bukalapak, atau Tokopedia cukup ramah pada beberapa Dropshipper. Mereka mempunyai mekanisme dropship masing-masing yang bisa Anda gunakan untuk jualan online tanpa modal. Tetapi, sekarang ini ada mekanisme yang membuat gusar beberapa Dropshipper karena nomor resi pengantaran tidak dapat di input 2x pada sebuah marketplace yang sama. Hal itu berlaku untuk salah satunya marketplace paling besar di Indonesia, Shopee.

Dropship Shopee ke Shopee sangat susah untuk dikerjakan karena peraturan itu. Akhirnya, sekarang banyak Dropshipper yang coba mengaplikasikan langkah alternative untuk menyiasati peraturan nomor resi itu. Langkah yang dilaksanakan diantaranya:

  • Mengontak supplier agar mendapatkan keringanan saat pesan produk untuk dropship.
  • Jualan di sosial tanpa marketplace atau media.
  • Buka toko online sendiri dengan sumber produk dari mekanisme dropship.

Langkah Dropship Shopee
Bila Anda berminat untuk jualan dengan mekanisme dropship di Shopee tetapi tetap bingung bagaimanakah cara untuk mengawalinya, silakan baca panduan secara singkat di bawah ini.

Buat account Shopee

Bila Anda belum juga mempunyai account Shopee, silakan buat lebih dulu. Ini merupakan hal paling penting supaya Anda dapat memulai usaha dropship Shopee. Account ini akan dipakai mau membuat toko online di Shopee bila ingin Dropship dari Shopee ke Shopee. Disamping itu, account ini akan berperan sebagai account buyer saat pesan produk dropship Anda.


Dapatkan Supplier Produk

Sesudah membuat account dan buka toko online di Shopee, cara setelah itu cari supplier untuk produk yang akan Anda tawarkan. Yakinkan jika sang supplier terima mekanisme dropship serta/atau reseller. Disamping itu, yakinkan jika supplier mempunyai stock produk banyak hingga Anda tak perlu cemas kekurangan stock bila satu saat mendapati order.

Membeli Produk dari Supplier

Unggah produk di toko Anda. Sesudah mendapatkan pesanan, pekerjaan Anda ialah lakukan pembelian ke supplier seperti pesanan customer Anda. Janganlah lupa untuk mengirimnya dengan status dropship dan mengubah alamat pembelian/pengantaran sama dengan alamat customer Anda.

belanja-online

Disini masalahnya. Dropship Shopee sekarang ini cuma memperkenankan kita menginput satu nomor resi sekali saja. Walau sebenarnya, dalam mekanisme dropship Shopee ke Shopee, ada dua transaksi bisnis yang terjadi.

Ke-2 : Transaksi bisnis dari Anda ke toko Supplier karena dalam mekanisme dropship, sang supplier lah yang dapat mengirim pesanan customer Anda ke customer itu.

Dua transaksi bisnis itu mengharuskan ada dua resi berlainan, karena terjadi di dua toko berlainan (toko Anda dan supplier). Dulu, satu nomor resi dapat diinput lebih satu kali, tetapi sekarang ini hal tersebut tidak dapat dijalankan.

Mekanisme Resi Automatis Dropship Shopee
Sekarang ini tiap pesanan/transaksi bisnis yang dibentuk Shopee akan munculkan code reservasi pengantar (khususnya J&T). Maka sang pedagang akan mengirim produk berdasar code reservasi itu. Dengan code itu nanti sang penjual akan mendapatkan nomor resi saat barang telah dikirimkan.

Berarti, saat ada konsumen lakukan transaksi bisnis di toko Anda, secara automatis akan munculkan code reservasi untuk transaksi bisnis itu yang perlu Anda berikan ke pengantar. Walau sebenarnya, sebagai Dropshipper Anda tidak pernah mengirim barang ke customer Anda secara langsung. Anda harus lakukan order di toko Shopee supplier Anda (bila dropship shopee ke shopee) yang secara automatis akan munculkan code reservasi baru. Maka ada dua code reservasi untuk dua transaksi bisnis berlainan, tetapi untuk satu produk yang sama.

Singkat kata, saat supplier mengolah pesanan Anda, dan mengirimkan lewat pengantar, akan ada nomor resi dari code reservasi sang supplier. Tetapi, Anda sebagai Dropshipper tidak dapat mengubah status code reservasi itu jadi nomor resi karena Anda memanglah tidak sungguh-sungguh mengirim barang.

Lalu, bagaimana triknya supaya masih dapat dropship Shopee ke Shopee?

packing-produk

Langkah Dropship Shopee ke Shopee
Dropship dari Shopee ke Shopee yang saya tujuan ialah toko Anda ada dalam Shopee, mendapatkan konsumen dari Shopee, dan Anda pesan produk pada vendor yang buka toko di Shopee. Dengan mekanisme resi automatis yang saya terangkan di atas, pola seperti itu tidak dapat dilaksanakan. Akhirnya, beberapa Dropshipper harus memeras otak supaya usahanya masih dapat berjalan.

Ada cara-cara yang dapat dikerjakan untuk menyiasati mekanisme seperti itu. Silakan baca beberapa point di bawah ini.

Langkah yang pertama dan seringkali dipakai dengan mengontak supplier langsung (tanpa lakukan order di toko Shopee supplier). Jika supplier ialah toko yang welcome pada Dropshipper, mereka umumnya akan tawarkan jalan keluar ini.

Dropshipper yang pesan produk secara akan langsung menghindar resi double di mekanisme Shopee. Ini polanya:

  • Customer Anda pesan produk di toko Anda.
  • Ada code reservasi untuk pesanan itu di toko Anda. Sebagai Dropshipper, Anda mengontak supplier langsung, baik lewat Whatsapp, chat di Shopee, atau media yang lain.
  • Infokan dengan detail produk yang dapat dibeli, alamat customer Anda, nomor telepon customer Anda, dan detail-rincian yang lain dibutuhkan. Janganlah lupa infokan ke supplier jika Anda akan memakai mekanisme dropship.
  • Bila sang supplier telah mengkonfirmasi pesanan itu, Anda dapat mengganti status pesanan di toko Anda jadi ‘sedang diproses'.
  • Kirim uang seperti harga produk+biaya kirim ke supplier lewat transfer bank.
  • Ada code reservasi, beri code reservasi itu ke supplier agar saat mengirim lewat pengantar, nomor resi sesuai code reservasi pesanan itu.
  • Barang dikirimkan oleh supplier selanjutnya supplier akan memberi nomor resi dari pesanan itu.
  • Input nomor resi itu pada transaksi bisnis sang customer tadi.
  • Barang sampai ke tangan customer atas nama toko Anda. Saat customer mengkonfirmasi penerimaan barang, uang akan masuk ke rekening Anda.

Langkah seperti ini benar-benar direferensikan untuk beberapa Dropshipper, apa lagi kalau sudah mempunyai jaringan yang bagus dengan supplier. Tidak boleh kuatir untuk berkomunikasi berkaitan biaya kirim dengan supplier karena di Shopee sudah ada feature gratis ongkos kirim yang bisa dipakai oleh customer Anda.