Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Investasi Trading Serta Perhitungan Modal Awal

Ada yang menanyakan apakah modal Rp 25 juta untuk trading cukup? Jawabannya adalah tergantung kepada berapa jumlah dana secara keseluruhan. Didalam Kursus Dasar Trading kita diajarkan strateginya dengan aturan 100%.

belajar-trading

Asumsi jika kita memiliki Rp 100 juta maka jika kita berumur 30 tahun

  • Rp 10 juta kita cadangkan sebagai tunai
  • Rp 20 juta dalam bentuk obligasi
  • Rp 70 juta dalam bentuk saham (reksadana, investasi yang dikelola sendiri dan untuk trading). Tergantung dari profil risiko kita berapa % dari Rp 70 juta tersebut kita akan pakai untuk trading.

Jika profil risiko kita tinggi bisa saja Rp25 juta kita gunakan untuk trading. Guru-guru tidak menyarankan sebesar itu melainkan hanya sekitar 10-20% saja dari Rp70 juta yaitu sekitar Rp7-15 juta, berarti sekitar Rp55 juta disimpan dalam bentuk investasi baik di reksadana atau saham yang dikelola sendiri.

Didalam reksadana atau saham yang dikelola sendiri pilihlah saham-saham yang bagus, Untuk investasi sendiri ikuti saja jenis-jenis saham yang dikelola oleh perusahaan reksadana atau bisa memilih sendiri dengan melakukan analisa fundamental.

Rp15 juta cukup untuk trading asal ilmu-ilmunya dikuasai. Ada trader pemula karena belajar terlebih dahulu dananya telah berkembang menjadi Rp60 juta. Dalam trading ilmu yang utama haris dikuasai adalah TA dan pengendalian emosi.

Jika telah berkeluarga pastikan bahwa keperluan keperluan sandang, pangan, papan, pendidikan, kesehatan dan hiburan telah terpenuhi. Hanya dana lebih yang bisa dipergunakan bertransaksi di pasar modal.

Bagi yang akan melakukan "Trading For A Living" keperluan keluarga mutlak harus terjamin dalam waktu minimal 2 tahun dan itupun hanya bisa dilaksanakan oleh yang telah berpengalaman dan profesional. Untuk pemula dapat menjadi profesional trader diperlukan waktu sekitar 5 tahun atau lebih (bandingkan saja diperlukan waktu sekitar 10 - 15 tahun dari seorang lulusan SMU untuk menjadi seorang dokter spesialis.

Diperlukan sekitar diatas 10.000 jam untuk menjadi kapten pesawat berbadan besar di perusahaan penerbangan dan pengalaman selama ini pula diperlukan untuk menjadi profesional trader).

Tidak ada jalan pintas untuk menjadi kaya. Semuanya memerlukan proses dan proses memerlukan waktu. Lamanya waktu yang diperlukan akan berbeda atara satu individu dengan individu lainnya.