Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rincian Detail Perhitungan Gaji SeorangYoutuber

Hingga kini tidak sedikit orang yang ingin menjadi seorang Youtuber karena minat akan penghasilan yang akan didapat, bahkan Youtuber bisa menjadi suatu profesi yang cukup menjanjikan loh! 

Lalu, berapakah nilai kisaran gaji seorang Youtuber dan bagaimana perhitungannya?

penghasilan-gaji-youtuber

Untuk seorang Youtuber yang telah mempunyai jumlah jutaan pengikut maka ia akan menerima gaji berkisar puluhan juta dari Youtube itu sendiri. 

Youtuber bertugas membuat suatu konten video yang sifatnya memberikan informasi, hiburan, dan lain sebagainya (bermanfaat bagi orang banyak). lalu, ia akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang berhasil tampil pada konten video tersebut.

Tugas utama seorang Youtuber adalah mencari cara untuk mendapatkan jumlah Subscribers atau pengikut dan jumlah penonton sebanyak-banyaknya. Kenapa demikian? karena semakin tinggi jumlah pengikut dan penonton maka penghasilan dari tampilan iklan pun akan semakin berlimpah.


Perhitungan gaji seorang youtuber sebagai berikut :

Seorang Youtuber akan mendapatkan hasil berkisar US$ 0,01 sampai US$ 0,03 tiap iklan berhasil tayang di videonya. Dan penghasilan iklan Adsense sekitar US$ 0,18 tiap kali tayang dalam satu video.


Apa itu Adsense? 

Adsense merupakan salah satu produk jaringan periklanan yang berasal dari Google, dan nilai penghasilan dapat ditentukan oleh beragam faktor. 

Umumnya seorang Youtuber yang videonya ramai dikunjungi dan di tonton berkali-kali dapat mendapatkan penghasilan berkisar US$ 18 tiap 1.000 tampilan iklan. Atau penghasilan Youtuber = US$ 3/5 tiap 1.000 tampilan video.

Gaji seorang Youtuber bukan berpatok berdasarkan jumlah klik pada iklan saja, namun juga dapat disaring berdasarkan suatu negara, tema video, dan harga iklan pun berbeda-beda.

Saat ini gaji Youtuber dapat dikalkulasikan dari Cost per Mile atau biasa disebut CPM yang artinya biaya tiap 1.000 tampilan, lalu penghasilan lain didapatkan dengan biaya per klik.

Namun sangat disayangkan karena umumnya pendapatan klik iklan selalu lebih rendah dibanding CPM itu sendiri di Youtube. Hal tersebut dapat terjadi banyak penonton yang selalu melewatkan tiap iklan yang ada pada konten video.

Selain berharap penghasilan melalui periklanan Adsense, Youtuber juga bisa berkesempatan mendapatkan penghasilan lain dengan menjadi Endorsement suatu produk, perlu dicatat bahwa untuk melakukan suatu Endorsement biasanya Youtuber itu telah berhasil memiliki jumlah pengikut yang tinggi atau kepopuleran dalam Youtube itu sendiri.   

Ini merupakan suatu momen bahwa Youtuber itu dapat menjadi seorang Influencer, itulah alasannya kenapa seorang Youtuber Profesional umumnya menargetkan jumlah postingan konten video baik dalam hitungan hari atau minggu.

Jika seorang Youtuber telah memiliki banyak pengikut tentunya konten videonya akan semakin mudah ditemukan dan pastinya lebih diuntungkan mengingat penghasilan iklan yang akan tampil di konten video.

Berlangganan via Email