Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Langkah Mudah Mempercepat Sebuah Loading Blogspot

Kecepatan loading pada blog merupakan salah satu faktor penunjang agar artikel atau blog kita dapat selalu bersaing di mesin penelusuran google.

mempercepat-loading-blogspot

Karena saat ini Google telah melakukan serangkaian update terkait algoritma mesin telusur itu sendiri. Bukan hanya itu, kita juga pasti tidak menginginkan para pengunjung yang mencoba membuka artikel yang ada di blog kita merasa kesal karena loading pemuatan konten yang terlalu lama kan?

Maka itu, Meysa Yulifa kali ini akan menjelaskan bagaimana cara mengoptimasi loading blog pada blogspot yang kamu miliki (hanya untuk blogspot).


Template Responsive

Gunakanlah template yang telah responsive baik dari segi tampilan dan pemuatan konten, kita dapat menguji coba melalui page speed insight atau GT Metrix untuk melihat berapa tingkat responsive template tersebut. Saya sarankan untuk menggunakan template premium, karena selain telah di uji hasil responsive pastinya blog kita juga terlihat lebih profesional jika menggunakan template tersebut.


Tata Letak Secukupnya

Dalam tampilan sebuah blog pasti kita dapat mengatur tampilan blog itu sendiri baik dari tampilan atau tata letak konten, Disini saya sangat menyarankan untuk menggunakan tata letak yang secukupnya saja. karena, jika kita menggunakan terlalu banyak konten yang ada pada tata letak maka hal tersebut dapat memperlambat loading dalam pemuatan konten artikel dan pastinya ini sangat berpengaruh pada kecepatan loading blog yang kita miliki.


Kompres Foto

Dalam postingan sebuah artikel pastinya kita selalu menyisipkan beberapa gambar untuk dapat memberikan sebuah ilustrasi pada sebuah cerita (tergantung pada isi artikel). Namun, perlu diperhatikan kembali untuk selalu kompres gambar tersebut untuk bertujuan memperkecil ukuran gambar agar selalu ringan dalam pemuatan konten.

Konten artikel dengan gambar yang banyak dan dengan ukuran file yang besar dapat juga mempengaruhi loading blog yang kita miliki. Banyak cara untuk memperkecil ukuran sebuah gambar atau foto yang bisa kita gunakan, seperti melalui situs atau aplikasi kompres gambar.


Gunakan Iklan Secukupnya

Jika kita telah berhasil diterima sebagai salah satu Publisher dalam sebuah situs pengiklan contohnya seperti Google Adsense pastinya loading blog kita akan menurun secara signifikan, ini dikarenakan adanya beberapa jenis iklan yang berhasil di muat pada blog yang kita miliki.

Saya sangat menyarankan untuk menggunakan iklan secukupnya saja agar tidak memberatkan blog dalam pemuatan konten. Namun, apabila kita menginginkan iklan tampil dengan jumlah keingan kita dan performa loading blog tetap menjadi ringan kita dapat menggunakan sebuah script Lazyload atau pun Defer Adsense yang banyak di sediakan oleh para senior blog.

Cara ini sangat membantu kita agar iklan kita selalu berhasil tampil pada blog dan dalam waktu yang cukup cepat tanpa harus menunggu lama.

Tetapi, perlu dicatat bahwa kita hanya dapat menggunakan salah satu saja seperti ingin menggunakan Lazyload atau Defer Adsense agar tidak terjadi crash pada pemuatan iklan, pilihlah yang menurut anda sangat berguna dan apabila anda tidak menginginkan keduanya pun itu semua pilihan anda selaku pemiliki blog.

Itulah tadi beberapa kiat yang bisa anda lakukan guna mempercepat sebuah loading blog yang anda miliki.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat!

Berlangganan via Email