Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi Suara Internal Dan Eksternal Pada Hp Android

Menggunakan suara audio dalam pembuatan sebuah karya atau konten memang sangat penting, karena dengan hal tersebut kita dapat memiliki suatu ciri khas tersendiri didalamnya. Nah, pembahasan pada artikel kali ini adalah mengenai suara internal dan suara eksternal yang biasa kita temukan di sebuah konten atau karya dalam bentuk video.

perekam-layar-android

Lantas, apa itu suara internal dan bagaimana merekamnya? suara internal adalah suara yang dapat dihasilkan hanya melalui sebuah device atau gadget yang biasanya digunakan untuk menangkap suara yang ada di dalam sebuah aplikasi dan suara tersebut kita bisa rekam dengan aplikasi perekam layar yang tersedia di Google Playstore.

Dan suara eksternal adalah suara tambahan yang berasal dari luar device atau gadget itu sendiri contoh bentuk suara eksternal adalah perekaman suara kita yang bisa kita gunakan untuk keperluan karya atau konten.

Namun, sangat disayangkan di pembaruan aplikasi perekam layar saat ini Android 9 sudah tidak mendukung lagi untuk dapat menggunakan suara internal dan suara eksternal secara bersamaan terkecuali untuk Android 10. 

Padahal kedua suara tersebut sangatlah penting dalam pembuatan sebuah konten contohnya konten video game, menyanyi, dan lainnya. Maka itu, simak cara ini agar bisa mengatasi permasalahan tersebut, metode ini telah banyak digunakan oleh banyak orang dan terbukti berhasil, berikut langkah-langkah untuk dapat mengaktifkan suara internal dan eksternal pada hp android.


Perekam Layar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan perekam layar yang bagus dan cocok dengan device kita, karena tidak sedikit orang yang mengalami error atau crash saat merekam layar dengan menggunakan aplikasi, sangat disayangkan bukan jika kita telah mencoba merekam konten namun ternyata hal tersebut tidak berjalan dengan bagaimana mustinya.


colokan-splitter

Gunakan Splitter

Colokan yang satu ini memiliki fungsi yang luar biasa, karena cara kerja alat ini adalah membedakan jalur suara pada saat perekaman dimulai, dan tertera gambar atau logo colokan pada keduanya seperti gambar mic dan headset. dimana gambar mic kita bisa gunakan untuk merekam suara eksternal seperti rekaman suara asli kita.


clip-on-microphone

Gunakan Mic Mini

Untuk cara ini kita lakukan jika kita ingin melakukan perekaman suara pada sebuah konten dengan menyambungkan mic ke dalam splitter yang sudah tersedia, dengan begini kita dapat menggunakan suara kita sebagai suara eksternal pada pembuatan konten, dan pastinya suara yang dihasilkan pun cukup bagus karena kita menggunakan mic tersendiri dalam proses perekaman, 

Sedikit tambahan, jika kita terkendala masalah biaya untuk mendapatkan mic yang bagus, kita bisa gunakan mic yang murah terlebih dahulu dan ini banyak di jual secara online dan tersedia di marketplace, harganya pun sangat murah dan cara penggunaannya sangat mudah, kita hanya menyambungkan colokan mic ke splitter dan kita dapat kaitkan mic ke baju untuk dapat tetap menjangkau suara kita.

Dengan cara demikian kita sudah bisa mengatasi masalah suara internal dan eksternal yang terkadang selalu gagal dalam proses perekaman atau pembuatan konten, Semoga Bermanfaat!

Berlangganan via Email