Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengobati Keputihan Dengan Bahan Alami

Apakah keputihan itu hal yang normal? kalau tidak normal apakah itu berbahaya?

Jadi pada dasarnya para wanita pasti mengalami keputihan, baik itu keputihan yang muncul pada saat masa subur, menjelang menstruasi, atau setelah menstruasi. Ini adalah suatu kondisi normal yang dialami semua wanita.

penyebab-dan-cara-mengobati-keputihan

Keputihan sendiri adalah salah satu cara bagaimana tubuh agar tetap mempertahankan kondisi kebersihan miss v nya. karena keputihan mengeluarkan kotoran-kotoran atau sisa sel kulit mati dan sejenisnya sehingga miss v anda mengalami pembersihan secara otomatis.

Hal tersebut umumnya dapat dipengaruhi oleh hormon, maka terkadang pada saat masa subur atau menjelang haid munculah keputihan. Lalu keputihan yang normal dapat di lihat seperti putih telur ayam mentah (bagian putih) seperti lendir bening dan sedikit lengket, dan tidak ada keluhan seperti bau atau gatal. Dan keputihan yang tidak normal biasanya warnanya pun berubah menjadi kuning bahkan hijau, serta memiliki keluhan gatal, bau tidak sedap, hingga rasa sakit saat buang air kecil.

Penyebab umum keputihan tidak normal adalah adanya infeksi, seperti infeksi bakteri maupun infeksi jamur. Berikut kondisi dan bakteri yang mempengaruhi keputihan itu sendiri.

Vaginosis Bakteri
Ini adalah kondisi dimana miss v anda terinfeksi oleh bakteri, yang sebenarnya bakteri ini normal jika berada disana. namun,  ia berkembang dengan secara berlebih hingga timbulnya infeksi bahkan penyakit. Atau bisa faktor dari luar seperti kebersihan yang kurang baik dan ditularkan dari orang lain. 

Kandidiasis Vaginalis
Kondisi dimana miss v anda terinfeksi oleh jamur, umumnya disertai rasa gatal dan keputihan yang menggumpal.

Trikomonas Vaginalis
Kondisi ini yang dapat tertular dari hubungan seksual disebabkan oleh parasit, gejalanya dengan bau tidak sedap dan warna yang kuning bahkan terkadang berwarna kecokelatan serta rasa panas di miss v seperti terbakar.

Keputihan jenis seperti inilah yang tentunya harus diobati, jika tidak segera diobati maka infeksi bisa menyebar mengenai mulut rahim, rahim, bahkan indung telur. Jika anda ingin mengatasi masalah keputihan biasanya anda sering menjumpai produk-produk untuk mengobati keputihan seperti sabun organ intim dan lain-lain.

Namun, anda juga dapat menggunakan bahan yang alami guna mengobati keputihan tersebut diantaranya adalah


Daun Sirih
Telah lama dikenal sebagai antiseptik alami dan membuat kesat miss v, anda bisa gunakan daun sirih sekitar 3-4 lembar kemudian direbus hingga berubah warna kuning kecokelatan, lalu anda bisa gunakan untuk membasuh miss v. Perlu di ingat bahwa jangan terlalu sering menggunakan cara ini, anda bisa mengatur penggunaan daun sirih dengan jarak sekitar seminggu 3-4 kali penggunaan.

Kunyit
Memiliki antioksidan dan antibakteri dan dapat digunakan untuk keputihan yang tidak normal, dengan cara di haluskan dan disaring lalu diambil airnya kemudian dikonsumsi, cara ini juga efektif untuk mengatasi keputihan yang tidak normal.

Manjakani
Diyakini memiliki antioksidan yang tinggi bahkan anti jamur yang baik untuk mengobati keputihan, artinya jika penggunaan secara tepat di bagian miss v, maka dapat mengurangi bakteri jahat yang ada disekitarnya.

Itulah tadi penyebab dan cara mengobati keputihan yang anda bisa terapkan, tetap jaga kebersihan dan kesehatan ya.
Semoga Bermanfaat Dan Selamat Mencoba!
Meysa Yulifa
Meysa Yulifa Hanya bisa berbagi sedikit pengetahuan melalui tulisan yang saya buat di Blog ini Semoga Bermanfaat ^_^

Berlangganan via Email