Lakukan Ini! Cara Mudah Hard Reset Pada Hp Vivo Y20 Dan Y30

Mode Hard Reset atau Factory reset merupakan cara dimana Handphone di kembalikan ke pengaturan pabrik, Proses ini akan menghapus semua data yang telah tersimpan sebelumnya di dalam memory internal Handphone, seperti Log Panggilan, Pesan SMS,Foto, video dan file lainnya.

Faktor yang membuat pengguna untuk melakukan Hard Reset adalah karena beberapa hal seperti, aplikasi yang sering force close, tidak responsif lagi, terindikasi terinfeksi virus atau malware, lupa pola, lupa akun Google, atau hanya sekedar ingin menghapus seluruh data yang tersimpan pada memory internal Handphone dengan cepat.
 
 
cara-hard-reset-hp-vivo-y20-y30

 
Hard Reset Vivo Y20 Dan Y30
Semua Handphone dengan type dan merk apapun umumnya telah dilengkapi dengan fitur Menu Reset (Kembali ke pengaturan pabrik), agar memudahkan bagi para pengguna untuk memperbaiki masalah yang sering terjadi pada Handphone tersebut.

Perlu diingat, untuk melanjutkan proses Hard reset ini beresiko menghapus semua data yang tersimpan pada internal storage (memory internal). Maka itu lakukan backup data dan file penting terlebih dahulu sebelum melakukan Hard reset atau factory reset (Kembali ke pengaturan pabrik).

Lalu pastikan bahwa anda ingat dengan akun Google seperti, Email dan Password yang telah tersambung pada Handphone. Karena jika anda lupa dengan akun google yang tersambung atau yang terpasang pada Handphone ini, maka akan membuat proses sedikit rumit.

Ada 2 cara untuk melakukan Hard Reset Vivo Y20 dan Y30 yaitu melalui Menu Pengaturan dan Menu Recorvery Mode, Berikut langkah-langkahnya:

Hard Reset Vivo Menu Seting (Pengaturan)
Pada metode ini kita akan menggunakan pilihan yang sudah disediakan oleh setelan  pabrik, yaitu melalui menu Pengaturan. Disini Anda juga dapat melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses Reset sebelum menghapus semua data.

  • Pertama Buka menu Setting (Pengaturan).
  • ​Selanjutnya klik pilihan Setelan lainnya.
  • ​Aktifkan opsi Mencadangkan data, jika anda ingin backup data anda terlebih dahulu.
  • ​Kemudian pilih Hapus semua data.
  • ​Setelah itu klik tombol Bersihkan Data.
  • ​Sepanjutnya pilih Hapus semua.
  • ​Tunggu hingga proses selesai dan Handphone akan melakukan restart secara otomatis.

​Setelah berhasil melewati proses restart dan handphone kembali menyala, lanjutkan ke langkah pilihan pengaturan seperti handphone baru, seperti mengatur lokasi, pilihan Bahasa dan seterusnya hingga Handphone masuk ke tampilan menu halaman.

Hard Reset Vivo Recovery Mode
Hard reset dengan metode Recovery mode ini umumnya dilakukan jika handphone tidak dapat masuk ke Menu (Home screen), yang biasanya disebabkan karena lupa PIN, Pola, dan Kata Sandi. Atau bisa juga dikarenakan aplikasi tidak dapat dijalankan atau error seperti seringnya muncul notifikasi Aplication force close, yang  menggangu aktifitas dan kinerja pada Handphone.

Harap di perhatikan sebelum melakukan Hard reset dengan cara Recovery ini, usahakan isi daya baterai handphone terlebih dahulu, dengan kondisi minimal 50% untuk dapat melanjutkan atau mengurangi resiko hal yang tidak diinginkan. Dan pastikan kembali anda masih ingat dengan Akun Google yang tertaut pada Handphone sebelumnya, karena setelah melakukan Hard reset ini, untuk dapat Kembali menggunakan Handphone kesayangan anda ini, di perlukan memasukan Akun Google yang sebelumnya terpasang dengan Handphone.

  • Matikan Handphone yang ingin di reset, tunggu beberapa saat hingga Handphone benar-benar dalam keadaan mati.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan hingga anda berhasil masuk ke menu Fastboot Vivo.
  • Untuk navigasi anda bisa menggunakan tombol volume,lalu pilih opsi Recovery Mode. kemudia tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi (OK).
  • Pada tampilan halaman Vivo Recovery, Dilanjutkan dengan memilih Clear data (Wipe data).
  • Kemudian kita akan mendapati 2 pilihan yaitu, Clear cache (Wipe cache) dan Clear all data (Wipe data/factory reset).
  • Pilih Clear cache (Wipe cache), dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Selanjutnya pilih Clear All data (Wipe data/factory reset), dan tunggu hingga prosesnya selesai kembali.
  • Jika proses Clear cache dan Clear all data sudah berhasil dilakukan, Anda dapat kembali ke halaman awal Recovery.
  • Kemudian pilih opsi Restart (Reboot).
  • Untuk proses Restart (Reboot) ini biasanya memakan waktu yang cukup lama, hingga  10-15 menit, Jadi jangan khawatir apabila anda mendapati hal demikian, Anda harus tetap menunggu prosesnya benar-benar selesai sampai Handphone kembali menyala dan berhasil masuk ke Menu Setup.

Itulah tadi cara mudah reset Hp Vivo Y20 dan Y30 yang bisa anda lakukan, pahami dan kerjakan secara langkah demi langkah agar menghindari hal yang tidak di inginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel