Ketahui Pengertian Jasa Asuransi Adalah

Pernahkah Anda memikirkan tentang sebenarnya penting atau tidaknya seseorang ikut dalam kegiatan asuransi? Di Indonesia sendiri agen asuransi sudah banyak beredar luas, banyak kantor pusat maupun cabang yang sudah berdiri untuk meningkatkan kredibilitas asuransi itu sendiri.

Bukan hanya masyarakat perkotaan saja yang dapat menjadi bagian dari asuransi tersebut melainkan masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan pun bisa mengikuti asuransi itu dengan catatan dan syarat yang tentunya harus dipenuhi sebagai pengguna jasa asuransi, kita akan mendapatkan selembar kertas brosur yang berisikan tentang program atau kebijakan yang akan kita terima dan lakukan sebagai pengguna jasa layanan asuransi, lantas apakah seseorang wajib mengikuti asuransi?

pengertian-jasa-asuransi-adalah

Kata asuransi mempunyai pengertian yaitu  pertanggungan atau perjanjian antara dua belah pihak, dimana pihak yang pertama berkewajiban membayar iuran/kontribusi/premi sementara pihak lainya memiliki kewajiban untuk memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayaran iuran/kontribusi/premi apabila terjadi sesuatu hal yang menimpa pihak pertama baik itu barang miliknya atupun dirinya sendiri yang tentunya sesuai dengan kesepakan bersama yang telah dibuat.

Di Indonesia sendiri asuransi diberikan dasar hukum yang kuat yang tujuannya agar kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan, semuanya jelas tertuang dalam Undang – Undang No. 2 Tahun 1992 tentang usaha perasuransian adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih dimana pihak penanggung mengikat diri dengan tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian.

Melihat dari pengertian tersebut maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa asuransi memberikan jaminan atas sesuatu hal yang kita asuransikan, sehingga ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pengguna asuransi.

Banyaknya agen asuransi di Indonesia menjadikan kita lebih selektif dan cermat dalam melakukan kegiatan asuransi, tidak jarang juga beberapa dari oknum agen asuransi yang tidak mempunya izin pendirian atau akta notaris, dokumen legal yang sudah diluar masa berlakunya serta sistem adminstrasi yang berbelit.

Untuk hal itu kita sebagai pengguna asuransi atau pengguna asuransi baru harus melakukan analisa dan mencari berbagai sumber informasi baik di media cetak maupun sosial sehingga kita mampu meminimalisir kerugian dan risiko yang akan kita dapatkan.

Banyak cara agar kita terhindar dari kecurangan oknum agen asuransi yang tidak resmi diantaranya:

1. Pastikan dokumen atau kelengkapan data dari agen asuransi tersebut masih berlaku, khusunya dokumen izin pendirian usaha.

2. Program dan kebijakan apa saja yang ditawarkan oleh agen asuransi tersebut, apakah program dan kebijakan tersebut dapat memberikan kerugian kepada kita, karena sekalinya kita melakukan perjanjian diatas materai maka itu akan dianggap sah dan legal.

3. Pastikan proses administrasinya tidak terlalu mudah dan juga tidak terlalu dipersulit, mengingat bahwa kita memiliki kegiatan atau aktifitas lainya selain fokus kepada asuransi yang akan kita lakukan.

4. Pastikan pihak mana saja yang bertanggung jawab dengan perusahaan atau agen asuransi yang anda pilih, siapa managernya atau orang memiliki wewenang dalam memberikan semua kebijakan terkait asuransi anda.

Selain dari ke empat cara tersebut anda bisa juga mendapatkan berbagai informasi atau referensi melalui situs website, teman atau berbagai media sosial lainya yang tentunya harus ada filter terlebih dahulu, karena tidak semua informasi yang anda dapatkan khususnya melalui internet tidak semuanya benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel