Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Maintenance Infokus Proyektor Yang Benar

Pendidikan merupakan sesuatu yang kebutuhan yang mendasar atau kebutuhan pokok bagi setiap manusia, pemerintah Indonesia telah membuat kebijakan yang berkaitan tentang pendidikan yang tentunya kebijakan tersebut bertujuan agar pendidikan di Indonesia semakin berkembang dan maju guna mencerdaskan generasi bangsa Indonesia.

cara-maintenance-infocus-proyektor

Kemajuan teknologi yang begitu pesat sehingga pendidikan di Indonesia juga harus mampu melakukan adaptasi agar dapat mengikuti zaman, sebagai contoh kecil dalam penggunaan teknologi di media pembelajaran, pada zaman dulu para pendidik menggunakan papan tulis dan kapur namum para era sekarang sudah banyak sekolah yang beralih menggunakan spidol bahkan juga ada beberapa sekolah sudah menggunakan media proyektor dalam guru menyampaikan materi pembelajaran kepada para siswanya.

Penggunaan media pembelajaran menggunakan proyektor yang dilakukan oleh para pendidik memang belum sepenuhnya dilakukan, terlebih mengingat teknologi yang terus berkembang sehingga harus cepat tanggap dalam mengetahui fungsi dan kegunaan suatu perangkat teknologi tersebut.

Kekurangan Proyektor Apabila Digunakan Secara Terus Menerus

Dalam menggunakan teknologi seperti proyektor tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan baik dari segi perawatannya maupun kegiatan rutinitas harian, berikut kekurangan proyektor apabila digunakan secara terus menerus:

1) perlu kita ketahui bahwa menggunakan perangkat proyektor kita harus menggunakan energi listrik, hal ini tentunya akan menggunakan budget yang cukup banyak apabila penggunaan proyektor dilakukan secara rutin.

2) maintenance atau perawatan, sebuah teknologi buatan manusia tidak dapat bertahan selamanya, dimasanya akan tiba maka akan ada kendala atau masalah yang dapat terjadi seperti kerusakan pada tombol powernya ataupun layar yang ditampilkan tidak sesuai dengan yang diharapkan dimana tulisan yang ditampilkan menjadi kabur atau lain sebagainya yang berkaitan dengan kerusakan internal pada sebuah proyektor.
 
Langkah Menjaga Proyektor Tahan Lama

Harga satu perangkat proyektor yang sudah ternama juga tidak lah murah, di Indonesia sendiri harga projektor baru bisa dari 4 juta rupiah sampai yang paling mahal bisa sampai 10 jutaan, kalaupun kita membeli projektor seken maka harganya pun tidak jauh beda dengan yang baru, sehingga kita perlu mempertimbangkan semua hal dengan detail.

Ada beberapa langkah atau cara yang mungkin dapat membantu proyektor bisa bertahan lebih lama setelah anda memakainya antara lain:

1) pastikan untuk tidak memberikan daya listrik secara terus menerus, maksudnya adalah setelah penggunaan proyektor maka cabutlah stop kontak atau power supply pada proyektor guna menghindari daya yang berlebihan yang dapat menyebabkan proyektor menjadi panas pada area mesinnya.

2) setelah menggunakan proyektor, maka alangkah baiknya untuk tidak memasukannya ke dalam tas atau di dalam kotak, biarkan beberapa saat sampai mesin dirasa cukup dingin maka bisa anda masukan ke dalam tas atau tempat penyimpanan proyektor anda.

3) bersihkan proyektor anda dengan kain lembut atau tisu kering minimal seminggu sekali guna meminimalisir debu yang masuk pada proyektor anda, pastikan setelah anda membersihkannya maka masukanlah ke plastik atau tempat yang jauh dari debu dan sinar matahari langsung.

Semua perangkat teknologi yang dibuat oleh manusia memanglah tidak dapat dioperasikan atau digunakan selamanya, akan ada waktunya dimana perangkat teknologi tersebut menjadi rusak atau butuh perawatan yang intensif.

Meskipun demikian kita sebagai pengguna harus memberikan perawatan yang baik sehingga perangkat teknologi atau proyektor yang kita miliki dapat bertahan dengan waktu kurun yang cukup lama, dengan demikian kita dapat memanage keuangan ataupun waktu kita untuk kegiatan-kegiatan lainnya.
Meysa Yulifa
Meysa Yulifa Hanya bisa berbagi sedikit pengetahuan melalui tulisan yang saya buat di Blog ini Semoga Bermanfaat ^_^

Berlangganan via Email