Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Hal Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mulai Investasi Emas

Di tengah kondisi perekonomian global yang tidak menentu serta pandemi virus Corona yang terus menghantui, ternyata investasi emas dinilai masih menjadi primadona sebagai aset safe haven.

keuntungan-investasi-emas

Banyak orang yang berpendapat, bahwa emas tidak terpengaruh inflasi, sehingga lebih terkendali. Nah, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu beberapa poin berikut ini.

Pilih Batangan atau Perhiasan?

Ketika bicara investasi emas, hal pertama yang harus kamu tentukan adalah ingin berinvestasi dalam bentuk batangan atau perhiasan. Sebenarnya tidak ada yang salah investasi emas dalam bentuk perhiasan. Hanya saja, jika kamu berharap mendapat keuntungan yang signifikan, sebaiknya pilih dalam bentuk batangan.

Pasalnya, emas dalam bentuk perhiasan biasanya tidak 100 persen murni, jadi tidak dapat memberikan keuntungan yang maksimal.

Hanya Berinvestasi Di Perusahaan yang Terpercaya

Seiring waktu, pertumbuhan investasi emas bodong semakin marak. Sama dengan investasi bodong pada umumnya, para pelaku investasi emas bodong juga memberikan iming-iming keuntungan besar bila kamu mau menginvestasikan uang untuk beli emas melalui mereka. 

Supaya kamu terhindar dari hal semacam ini, alangkah lebih baik bila membeli atau berinvestasi melalui perusahaan yang terpercaya seperti Antam dan Pegadaian.

Ingat, penawaran keuntungan yang terlampau besar tentu patut dicurigai.

Harganya Bersifat Fluktuatif

Kurang tepat rasanya bila ada yang mengatakan bahwa harga emas akan terus naik dalam kondisi apapun. Karena nyatanya, harga emas bersifat fluktuatif, sehingga bisa saja turun sewaktu-waktu.

Faktor-faktor yang dapat memengaruhi harga emas antara lain buruknya perekonomian dunia, isu global, permintaan terhadap emas itu sendiri. Jadi, bukan tidak mungkin kamu harus menunggu beberapa tahun dulu untuk mendapatkan keuntungan besar.

Emas Bukanlah Dana Darurat

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa harga emas bersifat fluktuatif. Itu sebabnya, kamu tidak bisa menjadikan emas sebagai dana darurat. Karena, bisa saja disaat kamu tengah kesulitan finansial, justru harga emas sedang jatuh.

Perlu diingat, dalam perencanaan keuangan yang baik, kamu harus membedakan antara alokasi untuk investasi dan dana darurat. Jangan sampai kamu menghabiskan seluruh dana yang dimiliki hanya untuk investasi.

Beli Secara Kredit Atau Tunai

Ketika berinvestasi emas, disarankan untuk membelinya secara tunai. Karena bila membeli secara kredit, kamu memiliki kemungkinan gagal bayar di kemudian hari yang menyebabkan tidak mendapat emas, padahal sudah membayar sebagian. Belum lagi harus berhadapan dengan tagihan bunga yang diterapkan oleh penyedia layanan.

Biaya Titip Atau Safe Deposit Box

Poin terakhir yang juga harus dipertimbangkan ketika ingin investasi emas, adalah tempat penyimpanan emas tersebut. Jika merasa tidak tenang menyimpan emas batangan di rumah, kamu bisa mengalihkannya dengan cara titip atau safe deposit box, tapi ada biayanya.

Meskipun saat ini kamu juga bisa menabung emas secara digital tanpa perlu dicetak, sehingga tidak memerlukan biaya penyimpanan, akan tetapi masih banyak orang yang merasa lebih nyaman bila memegang emas itu sendiri.

Intinya, jika ingin menyimpan emas batangan dalam bentuk fisik, kamu harus mencari tempat penitipan emas alternatif yang bisa dipercaya dan murah.
Meysa Yulifa
Meysa Yulifa Hanya bisa berbagi sedikit pengetahuan melalui tulisan yang saya buat di Blog ini Semoga Bermanfaat ^_^

Berlangganan via Email