Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Penting! Pahami Sistem Bisnis MLM Sebelum Bergabung

Tidak bisa dipungkiri, bahwa bisnis yang satu ini memang diragukan oleh banyak orang. Pasalnya, masih banyak mitos yang sering terdengar bahwa bisnis ini merupakan jebakan dan hanya akan merugikan anggotanya.

sistem-bisnis-mlm

Meski begitu, sampai hari ini nyatanya MLM tidak pernah mati, bahkan bisa dikatakan masih menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menambah penghasilannya. Karena, layaknya bisnis pada umumnya, bila dijalankan dengan baik serta didukung pemahaman mendalam, MLM justru bisa menjadi solusi untuk menambah pendapatan lho!

Nah, agar terhindar dari skema piramida ataupun jebakan MLM tidak bertanggung jawab.


1. Pelajari Sistemnya

Meskipun produk yang dijual setiap MLM tidak sama, namun umumnya bisnis ini hanya memiliki 2 cara untuk memperoleh pendapatan.

Pertama, meningkatkan penjualan dengan cara menjadi reseller. Dan kedua, memperluas pemasaran atau referral dengan menjadi sponsor untuk downline.

Sebelum terjun dalam bisnis ini, pastikan kamu sudah memahami dengan baik kelebihan serta kekurangan dari dua sistem tersebut. Sehingga nantinya, diharapkan kamu akan lebih mudah menyesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas diri.

Selain mempelajari sistemnya, untuk mendeteksi perusahaan MLM tersebut bodong atau tidak, kamu dapat melakukan riset mengenai Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL). Sebab, jika perusahaan MLM tidak memiliki SIUPL maka bisa dipastikan perusahaan itu hanya jebakan.

2. Pahami Produk yang Dijual

Pada dasarnya, MLM merupakan bisnis yang menerapkan mekanisme distribusi produk dari produsen ke konsumen. Artinya, produk biasanya tidak dijual bebas di toko atau ritel besar. 

Karena mekanisme inilah, banyak MLM yang menjual produk tidak jelas atau mungkin tidak pernah kamu dengar sebelumnya. Kamu hanya akan diminta setor uang dan dijanjikan bonus saat mencapai rank tertentu. Jadi, pastikan kamu mengetahui dengan baik produk yang kamu jual ya!

3. Lebih Baik Jika Menggunakan Dan Menyukai Produk yang Dijual

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Selain mengetahui produk yang dijual, alangkah lebih baik bila kamu juga menggunakan dan menyukai produk tersebut. Hal ini nantinya akan memberikan banyak kemudahan bagi kamu saat mempromosikannya.

Karena, sejatinya product knowledge merupakan faktor penting dalam memasarkan suatu barang. Jadi, ketika kamu menyukai produk tersebut, maka nilai dari product knowledge pun semakin tinggi.

Alih-alih sekadar berjualan, kamu bisa menjadi seorang konsultan yang mengenal fungsi dan manfaat dari produk. Dengan begitu, pada akhirnya kamu pun dapat menjual produk dengan tulus dan jujur, sehingga nantinya akan membentuk kepercayaan pada setiap konsumen.

kerja-sama-tim

4. MLM Adalah Pekerjaan

Ketika menjadi anggota MLM, perlu dipahami bahwa bisnis ini bukanlah bagian dari passive income, dimana kamu tidak perlu berperan aktif untuk mendapatkan penghasilan.

Layaknya bisnis lain, kamu juga tetap harus meluangkan waktu untuk bekerja dengan cara memasarkan produk. Di era yang serba canggih seperti sekarang, kamu bisa memanfaatkan keberadaan media sosial untuk membantu mengenalkan produk dan memperluas pangsa pasar. 

Jadi, meskipun bisnis ini bisa dilakukan dimana saja, bukan berarti kamu hanya duduk manis dan santai lalu mendapatkan uang.

Itulah 4 tips yang bisa kamu jadikan bekal agar terhindar dari jebakan MLM. Jangan lupa juga, untuk selalu belajar dalam mengelola keuangan bisnis yang kamu jalankan ini. Karena, bisa jadi kamu meraih banyak keuntungan namun tidak bisa mengelola uang dengan baik.

Meysa Yulifa
Meysa Yulifa Hanya bisa berbagi sedikit pengetahuan melalui tulisan yang saya buat di Blog ini Semoga Bermanfaat ^_^

Berlangganan via Email