Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jitu Merawat Baterai Hp Android Agar Tetap Hemat Pemakaian

merawat-baterai-smartphone

Memiliki smartphone yang cenderung boros atau cepat sekali menguras daya baterai terkadang membuat jengkel bagi pengguna smartphone tersebut. Terlebih smartphone yang biasa digunakan untuk menunjang aktifitas penting seperti belajar online, mengurus pekerjaan, dan lain sebagainya.

Dan perlu diketahui bahwa baterai adalah salah satu aspek penting pada smartphone agar berfungsi dengan baik. namun tidak sedikit orang yang harus melakukan pengisian baterai berulang kali dalam sehari karena borosnya penggunaan baterai smartphone.

tips-optimalkan-baterai-ponsel

Nah, beberapa tips ini dapat anda lakukan guna menghemat daya baterai dan mengoptimalkan smartphone 

Mengaktifkan Dark Mode

Menggunakan Dark Mode khususnya pada smartphone dengan layar OLED bukan hanya nyaman di mata saat mengaktifkan dark mode, ternyata dengan layar OLED piksel akan mati jika menampilkan warna hitam, Hal ini yang dapat penghematan baterai saat penggunaan. Dark mode bisa anda aktifkan baik di setelan smartphone, bahkan anda dapat membuka aplikasi browser dalam keadaan dark mode dengan anda mengaktifkan di setelan browser tersebut. 

Nonaktifkan GPS

Mengaktifkan GPS  memang memudahkan anda jika dilihat dari keunggulan fitur yang satu ini, karena dengan GPS anda dapat mengetahui lokasi keberadaan dan lokasi tujuan. Namun, jika anda jarang sekali menggunakan fitur GPS, baiknya anda nonaktifkan agar dapat menghemat daya baterai yang dapat menguras secara terus-menerus.

Cara menonaktifkan fitur GPS, anda bisa pergi ke Menu Setting lalu pilih Location Service dan disinilah anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur GPS ini. Cara kedua anda bisa menonaktifkan fitur GPS melalui menu bar yang umumnya berada pada halaman utama pada tiap smartphone.

Gunakan WiFi

Menggunakan data seluler yang selalu aktif kerap membuat pengurasan daya baterai secara terus-menerus, Disini anda bisa beralih menggunakan Wifi sebagai cara alternatif agar tetap terhubung dengan koneksi internet dan dapat lebih menghemat penggunaan daya baterai pada smartphone anda.

Nonaktifkan Live Wallpaper

Banyak sekali sampai kini yang masih menggunakan Live Wallpaper atau Wallpaper yang dapat bergerak di halaman awal smartphone. Namu, perlu anda ketahui bahwa penggunaan Live Wallpaper akan berjalan di belakang layar smartphone yang mana sangat berpotensi menguras daya baterai pada smartphone anda. 

Selain memilih wallpaper dengan baik, Anda perlu memperhatikan fitur Widget yang terpasang pada halaman awal, gunakan Widget yang sekiranya anda perlukan saja. Sebab fitur Widget yang ada di layar Homescreen juga dapat memicu peningkatan konsumsi daya baterai.

Power Saving Mode

Mode ini biasa diartikan dalam  mode penghematan daya baterai, dengan mengaktifkan mode ini makan anda dapat memperpanjang pemakaian daya baterai dengan cara mengurangi penggunaan CPU, Jaringan, hingga Kecerahan Layar.

Terdapat beberapa vendor smartphone bahkan telah menyediakan mode Power Saving Mode ini sebagai tambahan yang dapat menghemat daya baterai lebih jauh lagi dengan menonaktifkan hampir semua fungsi smartphone kecuali yang paling utama seperti fitur Telepon dan SMS.

Beberapa tips diatas dapat anda gunakan guna menghemat daya baterai dan mengoptimalkan smartphone anda.

Semoga Bermanfaat Dan Selamat Mencoba !

Meysa Yulifa
Meysa Yulifa Hanya bisa berbagi sedikit pengetahuan melalui tulisan yang saya buat di Blog ini Semoga Bermanfaat ^_^

Berlangganan via Email