Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Efektif Mengatasi Mata Minus

Mata adalah salah satu indera yang terdapat pada manusia yang berguna untuk dapat melihat sesuatu atau pun objek di sekitarnya. Di zaman serba canggih kini banyak yang tidak memperhatikan Kesehatan pada mata, bahkan terdapat beberapa remaja yang harus menggunakan kacamata untuk dapat membantu penglihatan pada masa aktifitas nya.

Memiliki penglihatan yang buruk sangat berpengaruh terhadap aktifitas yang kita jalani terlebih lagi yang terbiasa Berkendara di setiap harinya, Ini sangat berbahaya karena dengan penglihatan yang tidak baik maka kita pun tidak bisa melihat dengan jelas di sepanjang perjalanan bahkan hal terburuk yang terjadi adalah terjadinya kecelakaan.

mengobati-mata-minus

Meysa Yulifa kali ini akan memberikan rangkuman terkait Penyebab Mata Minus Serta Cara Mengatasinya.

Mata yang minus umumnya disebabkan oleh:

Terlalu Lama Menghadap Komputer Atau Televisi

Menggunakan Komputer dalam bekerja atau pun kegiatan lainnya seperti belajar memanglah tuntutan yang harus dikerjakan, Namun hal ini bila dilakukan secara terus menerus dapat mengurangi Kesehatan pada mata dan dapat membuat mata menjadi minus hingga membuat penglihatan sedikit samar. Begitu pun dengan Televisi, menonton acara yang digemari bahkan hingga larut tengah malam terkadang membuat kita terlena dan lupa telah tidak mengkhawatirkan tentang Kesehatan pada mata kita.

Untuk jarak yang aman pada mata saat menonton Televisi adalah minimal 30Cm bahkan dengan jarak yang sedikit lebih jauh akan lebih baik demi menjaga Kesehatan mata itu sendiri

Menggunakan Smartphone Ditempat Gelap

Smartphone saat ini adalah benda yang sudah biasa dimiliki di kalangan usia, Namun dibalik itu untuk anda yang memiliki kebiasaan menggunakan Smartphone di tempat gelap kini mulai biasakan diri untuk menghindari hal tersebut. Karena aktifitas seperti ini sangat mempengaruhi mata yang kerap membuat mata menjadi lelah menghadapi pantulan sinar dari Smartphone itu sendiri. Ini banyak ditemukan di kalangan remaja yang terbiasa melakukan bermain Game Online hingga larut malam.

Membaca Buku Ditempat Gelap

Hampir sama dengan penggunaan Smartphone, membaca buku pada tempat yang memiliki pencahayaan kurang baik justru dapat membuat mata lebih cepat lelah. Kebiasaan ini jika dilakukan secara terus-menerus dapat membuat kondisi mata menjadi tidak sehat dan dapat memicu mata menjadi minus atau rabun jauh.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi mata minus yang dapat anda lakukan:

Konsumsi Wortel

Wortel telah dikenal sejak lama karena Vitamin A yang terkandung didalamnya cukup baik bagi kesehatan terutama pada kesehatan mata. rutin mengkonsumsi wortel dapat menutrisi dan meningkatkan kualitas mata, Wortel dapat disajikan dalam bentuk makanan atau pun minuman seperti jus wortel contohnya. 

Senam Mata

Terdengar aneh namun cara ini dapat membuat syaraf mata anda menjadi jauh lebih rilex, Anda dapat melakukan metode ini dalam beberapa menit dengan posisi mata terbuka dan tertutup lalu menggerakan mata anda ke kiri,kanan, atas,bawah, dan juga gerakan melihat secara berputar. paling baik dilakukan ketika mata terasa lelah atau disaat bangun tidur.

Suplemen Mata

Kesehatan pada mata juga dapat anda lakukan dengan memberi nutrisi dari dalam tubuh dengan menggunakan Suplemen atau Vitamin mata. Saat ini telah banyak tersedia jenis suplemen kesehatan termasuk kesehatan mata yang anda dapatkan di Apotik atau Toko Penjual Obat Terdekat. Gunakanlah vitamin yang sesuai dengan kebutuhan anda dan selalu perhatikan jenis dan kelayakan suplemen tersebut sebelum anda konsumsi.

Istirahat Cukup

Tubuh sangat memerlukan istirahat yang cukup agar mendapatkan kondisi yang prima untuk menjalani aktifitas harian. Maka itu, selalu menjaga pola tidur yang baik dan selalu terapkan waktu istirahat yang dianjurkan minimal 8 jam sehari untuk menjaga kesehatan.

Meysa Yulifa
Meysa Yulifa Hanya bisa berbagi sedikit pengetahuan melalui tulisan yang saya buat di Blog ini Semoga Bermanfaat ^_^

Berlangganan via Email