Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Investasi Trading Saham Untuk Pemula

Memiliki masa depan yang baik dengan cara mengelola keuangan secara tepat adalah keinginan banyak orang. Investasi merupakan salah satu contoh untuk mengatur keuangan seta mendapatkan keuntungan tersendiri dalam menjalani prosesnya.

Pembahasan kali ini adalah mengenal Investasi Trading Saham.
Apa itu Saham? Saham adalah sebuah bukti nilai kepemilikan dari suatu Perusahaan. Jadi, dengan membeli saham Perusahaan, maka anda menjadi pemilik Perusahaan tersebut.

investasi-trading-saham

Lalu, bagaimana cara anda mendapat keuntungan dari Investasi atau Trading Saham? Ada 2 keuntungan yang bisa anda dapatkan  dengan membeli Saham antara lain:

Keuntungan Capital Gain
Contoh keuntungan Capital Gain: Kalau anda membeli di harga 1.000 per lembar saham, lalu dalam waktu seminggu kemudian Saham tersebut naik menjadi 1.100 per lembar saham, Maka anda mendapatkan keuntungan 100 per lembar dari nilai selisih kenaikan harga saham tersebut. Tinggal dikalikan 100 keuntungan tadi dengan jumlah lot yang anda beli. Namun, jangan lupa adanya fee dari transaksi tersebut yang relatif kecil.

Keuntungan Dividen
Dividen merupakan sebagian dari laba Perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang Sahamnya. Kalau anda ingin mendapatkan keuntungan melalui Dividen, Pastikan anda membeli Saham Perusahaan yang sering membagikan Dividen ya!

Selanjutnya, kenapa anda harus berinvestasi Saham?

Tidak Perlu Modal Besar
Tidak diperlukan modal yang besar untuk dapat berinvestasi Saham, hanya dengan modal Rp100.000 saja anda sudah bisa membeli Saham. Selanjutnya, anda bisa mencari Broker atau Sekuritas yang bisa deposit minimal Rp100.000 

Keuntungan Relatif Tinggi
Jika anda berinvestasi deposito keuntungan yang umumnya anda dapat ialah berkisar antara 5-6% dalam kurun waktu 1 Tahun, Dan itupun belum dipotong pajak yang terbilang cukup tinggi yaitu 20%.

Lain hal jika anda berinvestasi di Pasar Modal, yakni anda berpeluang atau berpotensi mendapatkan keuntungan puluhan hingga ratusan persen dalam waktu 1 Tahun. Dengan sedikit catatan bahwa anda memiliki pengetahuan yang baik mengenai Investasi atau Trading Saham tersebut.

Keamanan Dan Legalitas
Praktek Investasi atau Trading Saham di pasar modal itu AMAN. karena pasar modal di Indonesia telah dilindungi atau diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tidak memungkinkan terjadinya penipuan atau hal lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai Investasi Trading Saham Untuk Pemula yang bisa anda pelajari. Semoga Bermanfaat!
Meysa Yulifa
Meysa Yulifa Hanya bisa berbagi sedikit pengetahuan melalui tulisan yang saya buat di Blog ini Semoga Bermanfaat ^_^

Berlangganan via Email