Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gejala Dan Tanda Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

Memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit bisa dilakukan dengan berolahraga, istirahat yang cukup, dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Namun, bagaimana bila anda mengkonsumsi makanan yang lezat tetapi sangat beresiko terhadap kesehatan? terutama penyakit kolesterol.

tanda-gejala-penyakit-kolesterol

Memiliki kadar tingkat kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, terutama dapat memicu timbulnya penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol memang berperang penting oleh tubuh manusia untuk pertumbuhan sel-sel baik, namun jika memiliki kolesterol yang berlebihan justru akan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan.

Kolesterol terdapat pada dalam darah dan berbentuk lemak seperti zat lilin, jika lemak tersebut menumpuk maka akan membuat peredaran aliran darah menjadi tidak lancar.

Dan tumpukan atau kumpulan kolesterol ini bisa saja terpecah dan membentuk gumpalan, Inilah yang dapat memicu terjadinya serangan jantung dan juga stroke.

serangan-jantung-dan-stroke

Ternyata seseorang dapat memiliki riwayat kolesterol tinggi disebabkan dari keturunan, dan bisa juga disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur bahkan terkesan sembarangan.

Kenali gejala atau tanda seseorang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi dengan melakukan tes darah. Tetapi, beberapa orang penderita kolesterol tinggi dapat diketahui dari mulai gejala atau tanda yang dapat terlihat secara fisik. 

Tumbuh Luka pada Kulit

Gejala kolesterol tinggi dapat diketahui dari penglihatan secara fisik langsung seperti tumbuhnya luka pada kulit yang kekuningan. umumnya jenis kolesterol tinggi ini disebabkan oleh faktor keturunan.

Munculnya luka bisa menyerupai seperti benjolan datar di bawah kulit dengan penampakan warna kuning dan menyebabkan rasa sakit dan terkadang gatal.

Muncul Lingkaran Putih Pada Kornea Mata

Gejala atau tanda lain yang dapat diketahui dari kondisi kolesterol tinggi adalah dengan munculnya lingkaran putih di mata (kornea mata). Gejala seperti ini umumnya muncul pada penderita kolesterol tinggi yang berusia di bawah 30 tahun atau di atas 50 tahun

Namun harus berkonsultasi dan dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai lingkaran putih pada mata sebagai tanda berkolesterol tinggi. 

Sakit Kepala Dan Badan Terasa Pegal

Tanda selanjutnya adalah dengan merasa badan pegal dan sakit kepala, sakit pada kepala merupakan salah satu gejala kolesterol naik. Kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan darah yang banyak mengandung lemak dan berubah menjadi mengental hingga membuat peredaran darah tidak lancar dan memicu sakit kepala.

Tubuh Merasa Letih

Tubuh yang letih disebabkan karena akibat timbulnya plak pada pembuluh darah yang dapat membuat aliran darah pada tubuh menjadi tidak optimal. hal tersebut yang membuat tubuh menjadi cepat lelah dan letih.

Mudah Mengantuk

Mudah sekali mengantuk adalah salah satu dampak dari naiknya kolesterol, yang disebabkan asupan aliran darah yang membawa oksigen ke otak berkurang. hal tersebut yang membuat sering sekali mudah untuk mengantuk. 

Nyeri di Dada

Tanda berikutnya adalah nyeri pada dada yang disebabkan penumpukan plak di area jantung, dan pada kondisi seperti ini bisa menjadi penyebab komplikasi karena kolesterol tinggi yang memicu serangan jantung dan juga stroke.

Jika anda menemukan gejala dan tanda seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya lakukan pemeriksaan dini dengan melakukan tes kolesterol melalui tes darah agar bisa mengetahui apakah kadar kolesterol dalam darah normal atau tidak.

Itulah tadi Gejala Dan Tanda Kolesterol Tinggi Pada Tubuh yang harus anda ketahui.

Semoga Bermanfaat

Jaga Kesehatan Selalu.

Meysa Yulifa
Meysa Yulifa Hanya bisa berbagi sedikit pengetahuan melalui tulisan yang saya buat di Blog ini Semoga Bermanfaat ^_^

Berlangganan via Email