Pelajari 6 Cara Jitu Optimasi Chanel Youtube Sesuai Algoritma Google

Kuantitas dan keragaman konten YouTube yang besar memberikan peluang untuk menghibur, melibatkan, dan memikat penonton Anda.

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa konsumen mungkin menghindar dari konten video bermerek, yang terjadi adalah sebaliknya: 75 persen pengguna mengunjungi situs merek setelah melihat video bermerek. Dan menurut majalah, 64 persen lebih cenderung membeli produk dari situs Ecommerce setelah menonton video terkait.

cara-optimasi-youtube-chanel

Salah satu keuntungan terbesar dari video adalah bahwa kontennya membantu mengkomunikasikan pesan yang lebih mudah diingat.

Faktanya, empat dari lima pengguna Internet mengingat iklan video yang mereka tonton secara online; masuk akal, mengingat rentang perhatian manusia yang semakin menipis.

Meskipun 93 persen merek secara aktif menggunakan pemasaran video, apakah mereka secara efektif menarik dan mengubah pemirsa yang tepat?

Pada kenyataannya, saluran Anda mungkin mendengar suara jangkrik tanpa elemen yang tepat. Pengoptimalan YouTube adalah kunci untuk memikat dan mengubah dunia YouTube yang sangat aktif dan terlibat.

Ciptakan Pengalaman Bermerek

Saluran YouTube Anda harus meniru setiap elemen bermerek lain dari bisnis Anda. Ini termasuk menyesuaikan spanduk dan tata letak saluran Anda.

Berikan pengalaman pengguna sebaik mungkin kepada pemirsa, meskipun itu dikenakan biaya tambahan: ikon dan latar belakang yang disesuaikan akan membantu mengedepankan yang terbaik di YouTube untuk meningkatkan ingatan dan asosiasi merek.

Gunakan laman penawaran produk saluran merek YouTube untuk memahami parameter dalam menyesuaikan saluran Anda.

cara-jitu-menjadi-youtuber

Buat Cuplikan Saluran

Setelah Anda menetapkan elemen bermerek saluran YouTube Anda, selangkah lebih maju dan buat cuplikan saluran. Video cuplikan disorot di bagian atas saluran YouTube dan digunakan untuk memperkenalkan pemirsa baru ke saluran Anda.

Ini menawarkan cara visual untuk menggambarkan pengalaman merek dalam 15 detik atau kurang.

Untuk menyiapkan cuplikan saluran, ikuti langkah-langkah berikut:

Upload video yang Anda inginkan untuk dijadikan cuplikan saluran Anda

Buka saluran yang ingin Anda kelola

Pilih tab "Untuk pengunjung baru"

Pilih "Cuplikan saluran"

Pilih video dengan memilih thumbnailnya atau memasukkan URLnya

Masukkan Metadata Video 

Saat mengoptimalkan konten untuk YouTube, Anda harus memiliki dua audiens yang berbeda. Satu, penonton sebenarnya, dan dua, crawler mesin pencari YouTube yang secara teknis hanya bisa membaca bukan menonton video Anda.

Oleh karena itu, setiap video YouTube harus berisi metadata yang dapat dibaca mesin, deskripsi data yang mendasarinya, untuk membuat bot pencari dan manusia senang dan mendapat informasi.

menganalisis-sesuai-data

Untuk melakukan ini, pastikan Anda menyertakan elemen meta berikut di setiap posting:

Judul Meta: Judul video Anda harus menarik, menarik, menggabungkan kata-kata kunci yang akan muncul dalam pencarian pengguna, dan memiliki kurang dari 100 karakter.

Gunakan alat kata kunci ini untuk menemukan kata kunci terbaik untuk video Anda. Kuncinya adalah menemukan istilah dengan volume pencarian tinggi dan persaingan yang relatif rendah.

Bermain-main dengan huruf besar, dan pikirkan cara kreatif untuk mengarahkan ke konten.

Deskripsi Meta: Gunakan batas penuh 5.000 karakter untuk membuat deskripsi yang kaya kata kunci, memikat, dan deskriptif.  Targetkan satu hingga dua kata kunci dengan volume pencarian bulanan yang tinggi.

Selain itu, sertakan tautan ke saluran sosial atau situs web Anda dalam deskripsi, dan gunakan pemendek tautan untuk menjaga URL tetap pendek dan melacak klik-tayang.

Kata kunci: Pastikan juga menggunakan kata kunci target di bidang kata kunci. Jika Anda membutuhkan bantuan, lihat bagaimana pesaing di industri Anda mengoptimalkan halaman.

Saluran: Meskipun ini adalah langkah sederhana, jangan lupa untuk mengategorikan video YouTube Anda.  Pilihan Anda mencakup musik, olahraga, game, film, acara televisi, berita, siaran langsung, YouTube Spotlight, atau YouTube 360.

mendapatkan-jumlah-penonton-youtube

Mengkategorikan video Anda dengan benar memungkinkan eksposur yang lebih besar.

Singkirkan ini saat Anda mengupload video ke halaman merek Anda. Setelah video Anda diunggah, YouTube akan meminta Anda untuk memasukkan elemen-elemen di atas.

Untuk hasil terbaik, jangan hanya menyalin dan menempelkan deskripsi meta dari posting sebelumnya mulailah dari awal dan jadilah strategis.

Kualitas Video

Seperti peringkat mesin pencari Google, YouTube memiliki algoritma rahasia dan kepemilikan untuk memberi peringkat pada konten. Faktor kunci di YouTube adalah kualitas video dan pengalaman pengguna.

Jika video Anda membosankan, tidak relevan, atau berkualitas buruk dan / atau selalu menarik metrik waktu tonton yang buruk, bot YouTube akan memperhatikannya.

Selain itu, karena YouTube menyoroti video HD dalam hasil pencarian, video definisi tinggi akan memiliki peringkat lebih tinggi daripada klip berkualitas rendah.

analisa-melalui-google-analytics

Pahami Pengguna Anda Melalui Analytics

Pemasar yang cerdas membuat keputusan berdasarkan informasi melalui data pelanggan. Apakah Anda menggunakan platform analitik asli Youtube atau solusi pihak ketiga.

Melalui analisis perilaku, Anda dapat lebih dekat dengan audiens target Anda dengan memahami bagaimana perilakunya, serta di mana dan kapan yang terbaik untuk berinteraksi.

Memanfaatkan Big Data untuk laporan ringkasan lengkap tentang kampanye, dilengkapi dengan wawasan pengguna utama untuk memandu strategi video Anda di masa mendatang.

Beriklan

Melalui periklanan, YouTube menawarkan kesempatan untuk menunjukkan audiens target Anda dengan konten yang tepat pada waktu yang tepat.

promosi-dengan-cara-beriklan

Karena saluran sosial menjadi ruang bayar untuk bermain, semakin penting untuk meningkatkan visibilitas keseluruhan konten Anda melalui iklan berbayar.

YouTube memiliki berbagai opsi penargetan yang dapat membantu Anda menjangkau pelanggan yang tepat untuk bisnis Anda berdasarkan berbagai demografi, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan banyak lagi.

Tidak diragukan lagi bahwa YouTube menawarkan banyak sekali prospek untuk merek, tetapi Anda harus menggunakannya dengan cara yang benar.

Gunakan trik yang baru saja Anda baca untuk memaksimalkan jangkauan potensial Anda dan membantu menarik pengunjung baru ke merek Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel