Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Laris Berjualan Online Di Tokopedia

Berjualan secara online melalui Marketplace besar ternyata cara yang efektif untuk meraup penghasilan, Artikel kali ini akan membahas mengenai Cara Laris Berjualan Online Di Tokopedia.

tips-berjualan-di-tokopedia

Kenapa Tokopedia? karena Tokopedia adalah salah satu Marketplace atau tempat jual beli yang cukup diminati banyak pengguna khususnya di Indonesia. Dengan data jumlah pengguna sekitar 50 Juta orang yang telah mengunduh aplikasi Tokopedia yang tersedia di Playstore.

Selain itu, Tokopedia selalu mengadakan event atau kegiatan promo yang membuat para calon pembeli selalu rajin untuk berbelanja di dalamnya. Ini menunjukan betapa potensialnya dan besarnya Market penjualan yang ada di Tokopedia.

Langkah-langkah yang harus anda mulai saat ingin berjualan di Tokopedia antara lain:

Daftar Akun Seller

Anda bisa melakukan pendaftaran akun seller terlebih dahulu agar bisa menggunakan fitur penjualan termasuk mengupload produk di dalamnya. Anda bisa mendaftarkan akun dengan cukup mudah, yakni hanya dengan menggunakan nomor ponsel atau pun email untuk pendaftaran.

Setting Profile

Melakukan perubahan data penjual di pengaturan profile yang tersedia didalmnya, Anda dapat mengatur berbagai fitur seperti Atur Jasa Pengiriman, Alamat, Deskripsi Toko, Chat, Jam Buka-Tutup Toko, Dan Foto Profile Toko.

Upload Produk

Dengan mengupload produk anda dapat memperkenalkan kepada calon pembeli mengenai produk yang anda jual, Gunakan foto produk yang berkualitas dan kata kunci produk agar nantinya produk anda dapat bersaing di Tokopedia itu sendiri. Untuk kata kunci produk usahakan untuk melakukan Riset Keywoard terlebih dahulu, ini berguna untuk melihat berapa dan bagaimana daya saing produk tersebut untuk dapat terjual.

Daftar Power Merchant

Ini adalah salah satu fitur terbaik yang ada di Tokopedia teruntuk para penjual online yang tergabung didalamnya. Dengan mendaftarkan Power Merchant anda akan mendapat kepercayaan lebih di mata calon pembeli karena anda akan mendapatkan Badge atau Logo yang terpasang pada Toko anda.

Bukan hanya itu, dengan Power Merchant anda pun berkesempatan untuk mendapatkan rekomendasi produk jualan anda di Tokopedia, Cara untuk melakukan pendaftaran Power Merchant sangat mudah, anda cukup mengisikan data diri serta foto diri dengan kartu identitas seperti KTP, lalu anda dapat mengajukan untuk pengaktifan Power Merchant dan yang nantinya pihak Tokopedia sendiri akan memberikan hasil melalui Email yang terdaftar atau pun melalui pesan yang tersedia.

Uniknya, dengan Power Merchant anda akan mendapatkan Cashback saat pengisian saldo iklan atau Topads apabila anda ingin beriklan di Tokopedia. Perlu di ingat bahwa apabila anda sudah terdaftar Power Merchant ini anda akan dikenakan biaya penangan produk apabila produk anda berhasil terjual, dan besar biaya yang ditentukan adalah 1% dari hasil penjualan. Ini masih terbilang murah jika dibandingkan dengan keuntungan yang didapat melalui Power Merchant itu sendiri.

Beriklan TopAds

TopAds merupakan Fitur promosi pengiklanan yang tersedia di Tokopedia, Dengan menggunakan iklan produk, anda akan dapat menjangkau calon pembeli secara luas atau pun spesifik sesuai dengan produk yang anda miliki. Cara ini terbilang sangat cocok bagi anda yang ingin mendapatkan jumlah trafik atau pengunjung yang datang di Toko anda. Dengan pengisian saldo minimal 100 ribu anda sudah bisa melakukan promosi produk yang anda jual di Tokopedia.

Buat Voucher Toko

Fitur promosi lain yang tersedia di Tokopedia selaku penjual adalah dengan membuat Voucher Toko. anda dapat membuatnya guna menarik perhatian kepada pembeli dengan potongan biaya produk yang anda sudah atur sebelumnya.

Dalam pengaturan Voucher Toko, anda dapat mengatur jenis Voucher yang akan anda berikan kepada calon pembeli seperti Diskon Potongan Harga, Cashback, hingga Potongan Gratis Ongkir. Ini akan membuat keuntungan bagi kedua belah pihak baik Pembeli ataupun anda selaku Penjual. 

Pembeli akan mendapatkan harga khusus yang anda berikan dan Anda pun akan mendapatkan tingkat penjualan yang cukup dibanding dengan anda tidak melakukan promosi Voucher Toko.

Share Produk

Setelahnya anda dapat melakukan promosi diluar dari Tokopedia seperti anda membagikan postingan produk jualan anda ke Media Sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, bahkan Situs Blog.

Dengan begini anda akan mendapatkan jumlah lalu lintas pengunjung potensial yang datang dari luar Tokopedia itu sendiri. Dan produk anda akan semakin dikenal oleh banyak pengguna, Selain itu, Cara seperti ini adalah proses yang dapat terjadinya penjualan pada Toko anda.

Konsisten

Kunci utama dalam berusaha adalah konsisten, Dengan begini orang lain pun dapat mengenal Toko anda dengan cara yang Profesional seperti cepat dalam melakukan respon Chat yang masuk untuk menanyakan produk, hingga upload produk secara rutin. Dengan konsisten juga anda akan dapat menjaga reputasi Toko anda untuk dapat terlihat terpercaya di mata calon pembeli.

Cara diatas bisa anda lakukan untuk anda yang baru berjualan atau ingin meningkatkan penjualan anda melalui Tokopedia.

Semoga Bermanfaat Dan Selamat Mencoba!