Waspada ! Efek Samping Daun Kelor Bagi Kesehatan Yang Kamu Tidak Ketahui

Daun kelor atau tumbuhan yang mempunyai nama latin Moringa Oleifera ini pasti sudah tidak asing bagi masyarakat yang telah dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan pada tubuh.

efek-samping-daun-kelor

Bahkan, terdapat laporan Medical News Today yang menyatakan bahwa daun kelor adalah obat herbal yang mengandung senyawa yang mempunyai sifat antijamur, antidepresan, antivirus, dan anti inflamasi.

Perlu kamu ketahui, tumbuhan daun kelor ini berasal dari India dan telah banyak ditemui Amerika Selatan, Afrika, hingga Asia, dan termasuk Indonesia. selain itu, daun kelor pun memiliki vitamin, sumber protein, dan mineral yang cukup tinggi 

Banyak yang menganggap bahwa daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun sangat disayangkan masih banyak pula orang yang tidak mengetahui efek samping dari daun kelor tersebut bagi kesehatan. memicu alergi sampai tekanan darah tinggi adalah contoh efek samping daun kelor ini.

Tidak melarang juga untuk anda yang ingin menggunakan daun kelor sebagai pengobatan alternatif pada beberapa kondisi tertentu. setelah anda mengetahui efek samping dari daun kelor setelah membaca artikel ini, diharapkan anda dapat lebih berhati hati saat mengkonsumsinya.

Memang banyak manfaat pada daun kelor bagi kesehatan, namun ternyata, daun kelor mempunyai efek samping yang dapat membahayakan kesehatan jika mengkonsumsi tidak sesuai aturan.

Beberapa efek samping pada daun kelor pada kesehatan yang perlu anda ketahui :

Bahaya pada Ibu hamil kalau tidak mengetahui aturan konsumsi

Efek samping yang terdapat pada daun kelor bagi ibu hamil memang belum terbukti secara ilmiah. Tetapi, kalau ada suplemen ekstrak daun kelor yang sudah dicampur dengan akar, batang, ataupun bunga kelor, disarankan pada ibu hamil untuk tidak mengonsumsinya.

Karena batang, akar, bahkan bunga kelor terdapat zat kimia yang membuat kontraksi pada rahim. Bahkan tidak sedikit praktik pengobatan tradisional yang menggunakan batang dan akar daun kelor untuk menggugurkan kandungan sebagai bahan praktek pengobatannya.

Maka itu sebelum menggunakan atau mengkonsumsi daun kelor pada saat kehamilan, alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

bahaya-konsumsi-daun-kelor

Menghambat proses kerja obat diabetes

Daun kelor dikenal mempunyai khasiat yang dapat menurunkan kadar gula darah. karena itu, banyak orang yang menggunakan daun kelor sebagai bahan herbal pengobatan untuk penderita diabetes. dengan mengonsumsi obat diabetes dan daun kelor secara bersamaan akan beresiko menurunkan kadar gula yang dirasakan berlebihan.

Efek samping jika mengkonsumsi keduanya pada waktu yang bersamaan, tubuh akan mengalami kadar gula darah di bawah normal. sama seperti kadar gula yang berlebih, jika kadar gula berada dibawah normal maka dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti kejang, gangguan jantung, sampai hilangnya kesadaran (pingsan).


Menghambat kerja obat darah tinggi

Pada hal ini efek samping dari daun kelor hampir sama dengan yang disebutkan diatas. karena dapat menghambat proses kerja obat darah tinggi. Jika secara rutin anda konsumsi obat darah tinggi, alangkah baiknya anda dapat menunda niat untuk mengkonsumsi daun kelor, dan pastikan anda selalu berkonsultasi dengan dokter kembali.

Karena, jika daun kelor di konsumsi dalam jumlah tertentu dan mengkonsumsi bersamaan, maka tekanan darah bisa turun sampai di bawah batas normal. Kondisi seperti ini biasa disebut sebagai hipotensi dan dapat membuat penderitanya pusing, lemas, bahkan hingga pingsan.


Memperburuk Hipotiroidisme

Mengkonsumsi daun kelor dengan ukuran yang berlebihan dapat memicu kondisi Hipotiroidisme menjadi semakin buruk. karena Hipotirodisme dapat terjadi saat kelenjar tiroid tidak dapat memproduksi hormon dalam jumlah dan batas yang normal.

Hal seperti ini dapat menyebabkan berbagai gejala seperti berat badan naik, nyeri otot,  mudah letih, depresi, hingga rambut dan kulit yang kering.


Menghambat kerja obat melalui organ hati

Organ pada tubuh dapat mengolah obat yang telah dikonsumsi, sehingga bahan aktif di dalamnya dapat diserap oleh sel dan bisa menyembuhkan penyakit. ada sebagian obat yang diolah melalui ginjal, dan sebagian lagi melalui hati.

Efek samping daun kelor berhubungan dengan obat yang diolah melalui hati. mengkonsumsi daun kelor dalam dosis yang berlebihan dapat menghambat proses pengolahan obat yang melalui hati. kalu dikonsumsi pada waktu yang bersamaan, maka daun kelor dapat meningkatkan efek obat yang diolah melalui hati dan berpotensi menimbulkan efek samping dari obat tersebut.

Daun kelor pun dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. bukan hanya itu, ada pula efek samping yang diderita antara lain seperti sesak nafas, gatal, bahkan wajah yang membengkak. apabila hal tersebut terjadi, maka segera periksakan diri ke dokter atau klinik terdekat.

Semoga dengan anda membaca artikel ini, semakin anda mengetahui mengenai efek samping pada daun kelor bagi kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel