Tips Mengatur Keuangan Dengan Tepat Agar Terhindar Dari Hutang Piutang

Sekarang ini penyedia jasa utang di sekitar kita semakin mudah ditemukan. Jika dahulu untuk berhutang saja kita harus mengunjungi bank atau koperasi, sekarang ini sudah banyak pilihan yang bahkan mungkin hanya di depan mata seperti lembaga pembiayaan, kartu kredit dengan fitur-fitur dari fintech sejenis paylater, pinjaman P2P masih banyak lagi.

tips-mengelola-keuangan

Dengan adanya kejadian seperti ini membuat godaan bagi setiap orang untuk berhutang terus muncul pada setiap peluang. Jadi sekarang kita sudah dapat memiliki barang tetapi membayar tidak secara kontan atau bisa diangsur belakangan.

Sebenarnya berhutang merupakan manajemen keuangan pribadi ataupun keluarga. Terdapat sejumlah kebutuhan yang mungkin tidak bisa dipenuhi secara Karena harganya cukup tinggi seperti kendaraan atau properti lain.

Jadi, berhutang mungkin menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tetapi dengan tanpa perencanaan yang baik, utang bisa berbalik dan membuat kita tertimpa kesulitan. Oleh sebab itulah seseorang harus bijak dalam menyikapi peluang berhutang.

Nah untuk mengatasi godaan berhutang, ikutilah tips-tips di bawah ini:


merencanakan-keuangan-dengan-tepat

Kenal Need and Want

Anda harus bijak dan bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan yang mana hanya berupa keinginan semata. Kebutuhan adalah suatu hal yang sifatnya esensial untuk menunjang kehidupan kita, sedangkan keinginan adalah suatu hal yang berupa tambahan dan walaupun diabaikan, hidup kita masih bisa berjalan sebagai mana mestinya.

Kita harus memberi prioritas pada pemenuhan kebutuhan dibandingkan keinginan ketika berbelanja, hal ini berlaku juga ketika anda ingin menambah atau membuat pinjaman baru. Anda harus benar-benar mempertimbangkan dengan baik termasuk menghitung posisi rasio utang kita.

belajar-menghemat-keuangan

Jangan lapar mata

Lapar mata ini didefinisikan sebagai kebiasaan seseorang ketika membeli barang-barang hanya karena menarik dilihat tetapi belum tentu dibutuhkan. Salah satu tips untuk mengantisipasi lapar mata yaitu konsisten dengan want vs need seperti yang sudah dijelaskan.

Lapar mata ini sering kali menjebak perempuan yang berbelanja. Perempuan dikenal dengan hobi berbelanja sehingga tak jarang wanita memutuskan untuk berhutang ketika menemukan barang yang menarik di matanya.

Tips lainnya yaitu membuat perencanaan arus kas bulanan. Anda harus merencanakan dengan jeli apa saja pengeluaran yang akan terjadi termasuk dengan barang-barang apa saja yang akan dibeli pada belanjaan bulanan.

Tentunya supaya tips itu berhasil Anda harus konsisten dengan daftar rencana belanja yang telah dibuat dengan begitu Anda bisa terhindar dari godaan berbelanja secara impulsif yang mungkin berakhir dengan menambah saldo kredit.

Konsultasi sebelum berhutang

Tips ini sangat penting dilakukan seseorang apabila ia hendak mengambil pinjaman dengan nominal yang cukup besar. Anda harus memastikan sudah mempertimbangkan dengan baik karakteristik pinjaman tersebut seperti suku bunga, jangka waktu, cara pembayaran, bahkan sudah harus dipikirkan rencana lain jika suatu saat terjadi situasi yang mengganggu keberlanjutan pendapatan kita.

Sebaiknya Anda diskusikan hal tersebut dengan pasangan, keluarga atau bisa juga orang-orang yang dianggap bijak dalam mengelola keuangan.

Dengan cara seperti ini maka kita memiliki perencanaan yang lebih komprehensif sebelum benar-benar memutuskan untuk berhutang dengan jumlah yang besar.

Jadi kesimpulannya yaitu utang adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah keuangan saat ini. Namun berhutang memiliki konsekuensi yang berpengaruh pada pendapatan kita.

Dengan melakukan hutang berarti kita telah mengambil pendapatan dari masa depan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan saat ini. Ada baiknya anda mempersiapkan dana darurat sejak awal untuk bisa meminimalkan masalah berhutang karena keadaan terdesak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel