Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Lulus Proses Interview Atau Wawancara Kerja

Bagi sebagian orang yang sedang mencari pekerjaan proses Interview atau Wawancara adalah hal yang harus dilakukanya setelah mendapat informasi atau panggilan wawancara dari Perusahaan yang dilamar.

Tidak sedikit orang yang mengalami kegagalan pada saat proses Interview tersebut, proses ini adalah proses terakhir yang akan menentukan kita lulus atau tidaknya untuk bekerja di Perusahaan tersebut sebagai pelamar.

proses-wawancara-kerja

Jauh sebelum proses Interview ini dilakukan, kita akan mengirim berkas lamaran dengan persyaratan yang diminta Perusahaan dan pastikan kita melengkapinya ya ! agar kita bisa menjadi salah satu pilihan pelamar yang akan dipanggil untuk melakukan proses Interview / Wawancara di Perusahaan tersebut.

Berikut beberapa Tips saat proses Interview yang dapat kalian lakukan

Riset Perusahaan                                            

ini hal terpenting yang harus kita lakukan sebagai pelamar untuk mengetahui latar belakang Perusahaan tersebut lebih dahulu, kita bisa mencari informasi mengenai profile Perusahaan seperti alamat, bagian posisi, fasilitas, bergerak dalam bidang apa dan lainnya. ini bisa memberikan kita informasi gambaran seperti apa Perusahaan yang kita lamar tersebut dan memudahkan kita pada saat proses Interview berlangsung yang dimana biasa HRD / Pimpinan memberikan beberapa pertanyaan mengenai Perusahaan.

Tepat Waktu                                              

Setelah kita dapat panggilan mengenai proses Interview biasanya kita akan mendapatkan informasi jadwal Interview yang telah ditentukan, maka dari itu usahakan kita untuk tidak datang terlambat untuk menghadiri proses Interview tersebut. ini bisa menjadi nilai tambah kita terhadap Perusahaan tersebut dalam hal Kedisiplinan. Sebaliknya, jika kita terlambat dalam menghadiri proses tersebut ini menjadi nilai buruk buat diri kita terlebih lagi ini adalah tahap awal dari proses tersebut.

Berpakaian Rapi

Gunakan pakaian rapi agar terlihat menarik dimata HRD / Pimpinan pada saat proses Interview berlangsung, dengan kita berpakaian rapi dan sopan ini menunjukan kesiapan kita untuk mengikuti proses tersebut dan menjadi nilai positif dimata HRD / Pimpinan Perusahaan.

Gesture

Pada saat Interview berlangsung jangan melakukan gerakan - gerakan atau bahasa tubuh yang tidak perlu dilakukan, seperti menggaruk kepala, bermain jari, menggoyangkan kaki secara terus menerus, apalagi bermain handphone dan gerakan - gerakan tidak sopan pada saat proses Interview / Wawancara sedang berlangsung. Hal tersebut sangat tidak disukai HRD / Pimpinan dengan keadaan kita terlihat seperti tidak nyaman dalam situasi Interview berlangsung.

Salam

Setelah kiranya proses Interview telah selesai, jangan lupa memberikan salam penutup dan menjabat tangan pada HRD / Pimpinan. dengan kita memberikan salam dan menjabat tangan kita akan mendapatkan nilai tambah di mata HRD / Pimpinan mengenai Attitude kita dalam proses Interview tersebut.

Itulah tadi beberapa Tips Menghadapi Proses Interview Atau Wawancara Kerja. semoga artikel ini bermanfaat ya sobat.

Selamat Mencoba !

Meysa Yulifa
Meysa Yulifa Hanya bisa berbagi sedikit pengetahuan melalui tulisan yang saya buat di Blog ini Semoga Bermanfaat ^_^

Berlangganan via Email