Peran Penting Kesehatan Dalam Keluarga

Kesehatan keluarga sangatlah penting karena dengan kesehatan aktivitas lainnya bisa dijalankan. Jadi peran seorang ibu bertugas untuk memikirkan kesehatan keluarga.

peran-kesehatan-keluarga

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan keluarga diantaranya:

Status Ekonomi Dan Manajemen Keluarga

Sandang, pangan, papan yang berkualitas hingga kesehatan dan pendidikan yang layak bagi semua anggota keluarga kini semua termasuk kedalam kebutuhan dasar yang menjadi penentu status ekonomi suatu keluarga. 

Apabila manejemen keuangan keluarga kurang baik maka bisa menimbulkan kualitas kebutuhan dasar dan alokasi biaya yang tidak akan terpenuhi secara optimal.

Bentuk Keluarga

Keluarga terbentuk dari beberapa yaitu keluarga inti (nuclear family) atau extended family (keluarga campuran) itu bentuk keluarga yangg ada di Indonesia.

Ayah, ibu kandung termasuk kedalam keluarga inti sedangkan sanak saudara lain seperti paman, bibi, kakek, nenek, cucu, termasuk kedalam keluarga campuran menurut garis vertikal dan horizontal dari pihak ibu dan ayah.

Penunjang fasilitas kesehatan yang lebih menjamin alokasi biaya per orang menjadi besar itu termasuk keluarga inti. Maka akan terjadi kekurangan sosialisasi jika kedua orang tua sibuk bekerja semua.

Sedangkan yang sering terjadi masalah ialah keluarga campuran.

Tingkat Pendidikan Ibu

Ibu memilih untuk menyediakan makanan yang memiliki gizi baik di saat dirumah dan memilih untuk membersihkan rumah, menyiapkan baju untuk ayah dan anak-anaknya. 

Penggerak roda rumah tangga yaitu ibu, jadi ibu sangat mempengaruhi kualitas kesehatan keluarga. Sehingga ibu harus berpengetahuan luas dan berwawasan luas, memiliki jenjang pendidikan, mampu mengambil keputusan-keputusan yang cerdas, selektif dan kritis.

Kesadaran akan pentingnya kesehatan hanya dimiliki oleh seorang ibu, seperti mengerti jadwal imunisasi anak saat kecil, pertolongan pertama sering diberikan kepada keluarganya yang sakit, dan mengingatkan pasangannya untuk mengecek keadaan atau kondisi kesehatan tubuhnya secara bergantian.

Ibu saat mendidik si kecil untuk menjadi pribadi yang berkarakter baik maka diperlukan wawasan yang baik dan pendidikan ibu yang baik.

Akses Terhadap Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan terjangkau dari segi biaya dan dekat dengan rumah akan mempermudah anggota keluarga untuk memperoleh pertolongan medis saat terserang penyakit.

Oleh karena itu yang lebih mudah menangani dan memakai anggota keluarga ialah ibu, sehingga kemudahan ini membantu untuk memastikan anak memperoleh suntik imunisasi sesuai kebutuhan dan penjadwalan.

Hubungan Antar Anggota Keluarga Yang Harmonis

Pertengkaran tidak pantas untuk diperlihatkan atau disaksikan oleh anak ataupun sampai terjadi kekerasan dalam rumah tangga harus dihindari agar menjadi keluarga yang harmonis.

Kedekatan antar anggota keluarga bisa memicu keluarga yang penuh kasih sayang dan keluarga harmonis. Kepentingan kesehatan psikologis dan jiwa semua anggota keluarga terutama si buah hati.

Memiliki Rasa Aman Dan Damai

Bisa diperoleh rasa aman dan damai dengan cara mensyukuri dan merasa cukup serta menikmati apa yang dimilikinya. Semua persepsi ini dipengaruhi oleh keyakinan iman yang diikuti atau dianut oleh suatu keluarga. Faktor-faktor sebelumnya bisa mempengaruhi.

Kontrol Sosial Dan Sosialisasi

Lingkungan sekolah dan orang tua termasuk kontrol sosial kepada buah hati, ataupun dari suami ke istri atau sebaliknya, serta pencari nafkah dalam keluarga ialah tugas kerja ayah.

Manusia sangat membutuhkan sosialisasi karena manusia tidak bisa hidup dengan sendiri dan membutuhkan orang lain maka manusia termasuk makhluk sosial. Depresi sering dialami oleh keluarga yang kurang dalam bergaul dan cenderung hidup menyendiri tidak bermain dengan tetangganya.kontrol sosial juga disisi lain bisa mempengaruhi pergaulan tiap anggota keluarga tetap sehat dan tidak mengikuti hal-hal yang negatif.

Kesimpulan dari artikel diatas bahwa seorang ibu memiliki peranan penting dalam kesehatan keluarga. Sehingga tuntutan seorang ibu harus memiliki pendidikan yang baik, wawasan serta pengetahuan yang luas tentang kesehatan sehingga keluarga nya akan tetap sehat dan kuat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel