Pentingnya Pengetahuan Kesehatan Tubuh Manusia di Masa Pandemi

Istilah kesehatan sudah tidak asing lagi didengar oleh manusia. Kesehatan merupakan keadaan dimana saat tubuh kita merasa sehat dan terhindar dari serangan beberapa penyakit baik fisik maupun psikis.

Sehingga kesehatan diartikan sebagai keadaan atau kondisi yang mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan tubuh yang terbebas dari gejala penyakit atau gangguan psikis maupun fisik.

pengetahuan-kesehatan-manusia

Jenis-Jenis Kesehatan Manusia

Menjadi dua bagian yang termasuk kesehatan manusia yaitu kesehatan tubuh dan kesehatan mental. Dua hal tersebut tidak terpisahkan melainkan menjadi satu kesatuan yang utuh hingga saling terikat satu dengan yang lainnya.

Penjelasan Mengenai Kesehatan Tubuh Dan Fisik

Kesehatan tubuh manusia dinilai dari kondisi fisik seseorang. Sangat erat kaitannya dengan masalah-masalah fisik misalnya terbebas dari luka ataupun dari penyakit yang tampak dari luar maupun dari dalam. Penyakit dari dalam seperti paru-paru, jantung, tenggorokan, lambung sedangkan dari luar alegri.

imunitas-kesehatan-keluarga

Cara mencegah kesehatan fisik dengan cara melakukan beberapa hal diantaranya yaitu mengatur pola makan, rajin olah raga sehingga kesehatan mental tetap terjaga dengan baik. Mengatur pola makan akan terhindar dari makanan yang mengandung bahan pengawet hingga makanan yang terkena virus bakteri mematikan.

Aktivitas olahraga bisa menjadikan tubuh kita menjadi lebih kuat dan sehat sehingga tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang ada.

Kesehatan Jiwa/Mental

Kesehatan yang bisa dinilai dari keadaan jiwa atau mental seseorang termasuk kesehatan mental atau jiwa. Kesehatan mental berkaitan erat dengan masalah pikiran lainnya dan masalah stres. 

Adapun perbedaan dengan kesehatan fisik yang memiliki kecenderungan untuk didapatkan atau diraih, kesehatan mental yang sangat dinginkan untuk dimiliki. Karena dengan mental yang sehat orang-orang akan memiliki tingkat keseimbangan jiwa, kestabilan emosi dan tidak terlalu banyak beban pemikiran permasalahan.

Agar kestabilan dan keseimbangan jiwa terjaga maka manusia sangat membutuhkan hati yang bersih tubuh yang sehat dan terjauh dari sifat sirik, dendam, dengki, dan sifat buruk lainya.


Gejala Gangguan Kesehatan Tubuh 

Beberapa gejala gangguan kesehatan tubuh diantaranya:

Jempol kaki bengkak

Gejala kaki bengkak yang tidak menyakitkan merupakan gejala awal yang dirasakan seseorang penderita asam urat. Akan tetapi memiliki tanda jika resiko yang diderita termasuk kedalam penyakit kronis hingga menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi dan beberapa penyakit ginjal. Hingga memerlukan pemeriksaan medis untuk memperjelas penyakit apa yang diderita seorang pasien tersebut.

Corak mata merah

Kondisi yang seperti ini tidak menimbulkan munculnya bintik-bintik meainkan keduanya saling berkaitan. Maka disarankan untuk penderita mata yang bercorak merah untuk memeriksakan matanya ke dokter spesialis mata, baik yang terkena penyakit maupun yang tidak. Jika yang tidak maka disarankan untuk konsul setiap dua tahun sekali.

Karena keadaan perdarahan subconjuctival kondisi ini sering diderita oleh orang yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) atau diabetes semua ini dilakukan pencatatan oleh American Heart Association.

Tubuh memendek

Terjadi karena osteoporosis. Tulang belakang mulai memadat dan tinggi badan perlahan mulai menyusut maka ini semua terjadi jika tulang sudah mulai melemah. Segera periksa kedokter dengan berpakaian panjang yang biasa digunakan.

Mata tampak menonjol

Menjadi tanda tiroid yang aktif ini bisa menjadi mata menonjol. Gejala lainnya seperti berat badan terjadi penurunan serta iritabilitas yang tidak bisa dijelaskan secara rinci. Terapi yodium dan tes darah merupakan solisi yang tepat bagi penderita mata menonjol, meski biasanya kondisi seperti ini bisa hilang dengan sendirinya akan tetapi memakan waktu yang cukup lama jika tidak dipriksakan kedokter.

Kesehatan sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat saat pademi ini agar terhindar dari virus covid-19. Selain itu terhindar dari gejala penyakit kesehatan mental seperti jempol kaki yang bengkak, mata merah. Cara penyegahan kesehatan tersebut dengan cara mengatur pola makan dan rajin melakukan olahraga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel