Pentingnya Mengenal Warna Urine Untuk Kesehatan

Keadaan tubuh kurang sehat maka bisa menyebabkan warna urine yang berbeda. Jadi urine tidak hanya menunjukkan asupan cairan sudah cukup atau belum melainkan kondisi kesehatan tubuh yang jauh lebih dalma. Kesehatan tubuh manusia bisa dilihat dari kotoran manusia salah satunya dari pembuangan air kecil yang sering disebut urin. 

sample-urine-manusia

Warna urine bisa digunakan untuk menentukan kadar normal atau tidaknya  kesehatan menurut Michael Palese, ketua Departemen Urologi di Mount Sinai Beth Israel, New York, Amerika Serikat yang dikutip dari Health.

Dalam kondisi urine yang normal maka terdapat spektrum kuning. Oleh karena itu terdapat aturan umum yang menjelaskan urine akan menjadi lebih transparan jika tubuh mengkonsumsi cairan banyak. Untuk memahami warna urine lebih jelas buat kesehatan tubuh. ada penjelasan mengenai beberapa warna urine diantaranya yaitu:

Urine berwarna jernih

Jika kita merasa minum air putih yang cukup maka kemungkinan besar kesehatan tubuh menjadi cukup baik, sebaliknya pun jika kita tidak cukup maka tubuh akan menjadi kurang baik dan gampang terkena penyakit. Tubuh terhidrasi dengan baik jika urinenya berwarna jernih. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan urine yang jernih bisa menjadi tanda penyakit diabetes insipidus apabila urine yang jernih berjumlah banyak.

Penderita diabetes insipidus memiliki kadar gula darah yang normal, tetapi organ ginjal tidak bisa melakukan pemrosesan cairan dengan baik. Kasus seperti ini biasanya sangat jarang terjadi atau bahkan langka, akan tetapi kita harus memiliki sifat waspada dan segera untuk konsultasi ke dokter, terutama saat urine dalam jumlah terlalu banyak 20 liter/hari.

Urine keruh

Infeksi saluran kemih dan pelepasan lemak bisa diperoleh dengan cara mengindikasi berbagai macam kondisi kesehatan melalui urine keruh. Jika urine ini sering dijumpai saat pagi hari kemungkinan karena kekurangan minum saja, melainkan obat-obatan dan makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab urine menjadi keruh.

Urine keruh yang konsisten terjadi akibat kegiatan atau aktivitas sel-sel tubuh yang sedang berperang dengan bakteri tersebut. Kemungkinan urine sejenis ini bisa terjadi akibat gangguan neurogenik yang berada pada kandung kemih yang disebabkan adanya cidera di tulang belakang atau kecelakaan lainnya.

Urine berwarna

Warna urine terdiri dari urine merah, urine pink, urine cokelat seperti teh dan menjadi tanda bahwa kondisi hematuria atau anya darah di dalam urine. Hal ini dapat disebabkan oleh infeksi saluran kandung kemih, pembesaran prostat, atau olahraga terlalu berat sehingga menimbulkan pendarahan internal. 

Jika kita melihat urine berwarna gelap maka pergilah ke dokter untuk melakukan pemeriksaan agar tidak terjadi ha-hal yang tidak diinginkan. Karena mencegah lebih baik dari pada tindakan mengobati.

Konsumsi vitamin B12 dan vitamin c merupakan penyebab urine berwarna gelap selain itu penggunaan mouthwash yang terdapat kandungan pewarna biru dan hijau.

Urine berwarna kuning gelap

Tubuh mengalami dehidrasi maka terjadi ketidakseimbangan kadar pH dan terjadi sepanjang malam sehingga menimbulkan urine berwarna kuning gelap. Selain itu pewarna makanan dan penikmat alkohol bisa merubah warna urine menjadi kuning gelap.

Cara mengatasinya dengan cara minum air putih diperbanyak, minimal 8 gelas/hari dalam setiap melakukan aktivitas kesehariannya.

Kesimpulan dari artikel diatas adalah pentingnya mengetahui urine agar kita tetap waspada untuk menjaga kesehatan. Karena setiap warna urine memiliki kandungan yang berbeda dan memiliki dampak yang berbeda terhadap kesehatan tubuh kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel