Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Pengertian Inflasi Serta Penyebab Dan Dampak Yang Ditimbulkan Karena Inflasi

Kalian pasti sudah familiar dengan kata "inflasi". Inflasi merupakan keadaan perekonomian di suatu negara dimana terjadinya kecenderungan terhadap kenaikan harga-harga jasa dan barang secara umum dalam waktu yang panjang atau berkelanjutan yang disebabkan karena tidak seimbangnya barang dengan arus uang.

pengertian-inflasi-keuangan

Biasanya kenaikan harga barang di pasaran sifatnya sementara, contohnya yaitu kenaikan harga-harga menjelang hari raya seperti idul Fitri, Natal, dan Tahun baru saja, tetapi hal itu tidak termasuk saat terjadinya inflasi. Biasanya inflasi akan terjadi ketika jumlah uang yang beredar di kalangan masyarakat lebih banyak dari pada apa yang mereka butuhkan. Inflasi juga merupakan gejala ekonomi pada negara yang tidak mungkin dihilangkan secara sempurna Upaya yang dilakukan biasanya hanya sebatas pengendalian terhadap inflasi saja.

Penyebab Inflasi

Inflasi bisa terjadi disebabkan oleh berbagai faktor, berikut ini adalah beberapa penyebab inflasi, diantaranya:

1. Melonjaknya permintaan

Inflasi dapat terjadi karena terdapat peningkatan permintaan untuk jenis jasa atau barang tertentu, hal ini juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

  • Melonjaknya permintaan suatu barang untuk diekspor

  • Melonjaknya belanja pemerintah

  • Melonjaknya permintaan barang untuk swasta

2.  Banyaknya peredaran uang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, inflasi bisa terjadi karena uang yang beredar di kalangan masyarakat lebih banyak dibanding apa yang mereka butuhkan. Pada saat jumlah barang jumlahnya tetap sedangkan uang yang beredar meningkat dua kali lipat maka bisa terjadi kenaikan harga-harga bahkan hingga 100%.

3. Melonjaknya biaya produksi

Melonjaknya biaya produksi dapat mengakibatkan terjadi inflasi. Adapun peningkatan biaya produksi tersebut bisa disebabkan oleh kenaikan harga bahan baku contohnya harga bahan bakar yang naik dan upah buruh naik.

Dampak Inflasi

Sebelum terjadinya inflasi pada suatu negara memiliki dampak positif dan juga dampak negatif, berikut adalah dampak inflasi secara umum:

1. Dampak inflasi terhadap pendapatan

Inflasi akan mengakibatkan dampak negatif maupun positif terhadap pendapatan masyarakat. Pada situasi tertentu contohnya inflasi lunak justru bisa mendorong para pengusaha untuk memperluas produksinya sehingga meningkatkan perekonomian tetapi inflasi bisa berdampak buruk bagi seseorang yang berpenghasilan tetap begitu pun nilai uangnya tetap tetapi harga barang atau jasa di suatu negara naik.

2. Dampak inflasi terhadap ekspor

Pada saat suatu negara mengalami inflasi maka kemampuan daya ekspornya akan berkurang karena biaya ekspor yang lebih mahal. Bukan hanya itu saja, daya saing barang ekspor akan mengalami penurunan dan pada akhirnya memberi dampak pendapatan dari devisa pun akan berkurang.

3. Dampak inflasi terhadap minat menabung

Seperti yang sudah dijelaskan terhadap pengertian inflasi sebelumnya, pada di suatu situasi terjadinya inflasi maka minat menabung sebagian besar orang akan berkurang. Hal itu disebabkan karena pendapatan dari bunga tabungan akan menjadi lebih kecil sedangkan penabung harus membayar biaya administrasi tabungannya.

4. Dampak inflasi terhadap kalkulasi harga pokok

Apabila terjadi inflasi di suatu negara maka bisa mengakibatkan perhitungan penetapan harga pokok menjadi lebih sulit karena bisa menjadi terlalu kecil ataupun terlalu besar. Presentasi inflasi yang terjadi di masa depan Tak jarang akan sangat sulit diprediksi dengan akurat.

Dengan demikian maka akan membuat proses penetapan harga pokok serta harga jual menjadi tidak akurat pula. Pada situasi tertentu, inflasi bisa membuat para produsen kesulitan serta mengakibatkan kekacauan pada perekonomian suatu negara.

Demikianlah pengertian, penyebab serta dampak yang bisa diakibatkan apabila terjadi inflasi di suatu negara. Semoga bermanfaat !