Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Ketah

Kopi merupakan minuman terpopuler di seluruh belahan dunia, Namun masih sedikit yang mengetahui mengenai manfaat dari Kopi tersebut bagi kesehatan. Kopi mempunyai antioksidan yang cukup baik dari pada sumber lain, seperti buah dan sayuran.

secangkir-kopi

Dalam penelitian, manfaat kopi yang diminum dengan sedikit gula dapat memberikan efek positif lebih banyak dibandingkan dengan efek negatifnya.

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi kopi bagi kesehatan yang harus kamu ketahui 

Mengurangi resiko mengidap penyakit diabetes tipe 2

Beberapa peneliti membeberkan bahwa semakin sering kamu meminum kopi tanpa gula, maka semakin kecil pula kemungkinan terserang resiko diabetes tipe 2. Hal itu pun diyakini dengan sebuah survei yang dilakukan oleh (UCLA) School of Public Health and Medicine yang melibatkan lebih dari 700 perempuan. Dan menyebutkan bahwa wanita menopause mengkonsumsi 4 gelas kopi dalam sehari dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 sampai 50%.

Para peneliti Australia mendapati manfaat kopi untuk megatasi masalah pada penyakit diabetes. Mereka pun mengatakan bahwa setiap satu gelas kopi mampu mengecilkan resiko diabetes tipe 2 hingga 7%. Penelitian itupun mempublikasikanya dalam jurnal ‘Archives of Internal Medicine‘.

diabetes-type-2

Manfaat kopi diakui dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan glukosa yang terdapat didalamnya dan penting bagi metabolisme tubuh, juga dapat mencegah rusaknya pada proses produksi sel insulin. Bukan hanya itu, kopi pun dapat meningkatkan protein yang biasa disebut hormon seks pengikat globulin di dalam darah yang dapat memberikan ketahanan terhadap penderita diabetes tipe 2 pada orang yang memiliki kelainan genetik.

Manfaat Kopi Melawan Kanker

Kopi dipercaya sebagai salah satu penyebab kanker. Namun, peneliti belum menilai faktor lain, seperti kebiasaan minum alkohol dan merokok. Saat ini, manfaat kopi terbukti bisa memproteksi tubuh dari kanker tertentu dengan cara memperbaiki sel DNA. Hasil Penelitian lain pun menambahkan jika meminum kopi mampu melawan resiko kanker dubur, kanker mulut, usus besar, dan kanker kerongkongan.

penyakit-kanker

Kopi juga memiliki ratusan senyawa kimia diantaranya senyawa antioksidan dan anti inflamasi yang aktif, seperti methylpyridinium. contohnya Kopi espresso yang mempunyai 2 hingga 3 kali lipat jumlah senyawa antikanker.

Mengatasi resiko Demensia (pelupa)

Kebiasaan untuk meminum kopi dapat mengatasi resiko tersebut. Para peneliti dari Denmark dan Swedia mengadakan survei kepada lebih dari 1.400 orang dewasa yang telah mengonsumsi kopi setiap hari. Seseorang yang mengkonsumsi 3 hingga 5 gelas kopi per hari, 65% lebih kecil memiliki risiko demensia dari pada yang meminum dua cangkir atau tidak sama sekali. Antioksidan dari kopi dapat mengurangi terbentuknya demensia vaskular.

Penelitian lain dilakukan pada hewan menghasilkan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan efisiensi penghalang darah pada otak, membatalkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif, dan juga dapat meningkatnya energi menjadi lebih aktif.

Melindungi tubuh dari penyakit parkinson

Penyakit parkinson diakibatkan karena adanya masalah pada otak, yaitu sistem saraf pusat otak yang mengalami ketidakstabilan. Penyakit ini bisa ditandai dengan kesulitan pada saat memulai bergerak atau kekakuan pada otot.

manfaat kopi dapat membantu meringankan resiko penyakit Parkinson pada pria. Pria yang biasa mengonsumsi 2 sampai 3 gelas kopi berkafein memiliki resiko 25% lebih kecil terserang Parkinson.

Mulanya, peneliti tidak meyakini jika kafein bermanfaat untuk melindungi pria dari penyebab parkinson. tetapi, sebuah penelitian telah mendapati bahwa sebuah gen yang terlihat dapat memproteksi tubuh dari resiko penyakit ini.