Jangan Sembarangan Install Aplikasi ! Ketahui Jenis Aplikasi Berbahaya Smartrphone Android Kamu

Tanpa pengguna sadari, ternyata Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android tengah menguasai pasar dunia. Tetapi dengan hadirnya keleluasaan dalam penggunaannya, kamu harus semakin berhati-hati ketika mengunduh serta menggunakan aplikasi Android. Hal itu mengingat ada beberapa aplikasi yang berbahaya bagi sistem Android bahkan bisa saja mengancam keamanan serta mengganggu privasi penggunanya.

Jadi mulai saat ini kamu harus lebih berhati-hati ketika menginstal atau mengunduh aplikasi Android. Jika salah justru kalian dapat menjadi korban pencurian data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

aplikasi-berbahaya-pada-smartphone

Berikut ini adalah aplikasi yang berbahaya bagi Android, diantara lain :

1. Aplikasi Pinjaman Uang

Aplikasi pinjaman uang yang tersedia di smartphone Android saat ini tengah heboh karena diduga bisa membaca kontak hingga aktivitas pengguna dari smartphone yang mengunduh aplikasi pinjam uang tersebut. Selain itu, aplikasi berbahaya tersebut bisa langsung mengirimkan pesan lewat WhatsApp dan SMS pada kontak yang disimpan di Smartphone pengguna. Sistem yang dilakukan oleh aplikasi tersebut melalui permission yang harus diaktifkan oleh pengguna sebelum menggunakan aplikasi pinjaman uang yang tergolong berbahaya ini.

2. Aplikasi Kuis Online

Sebelumnya platform Facebook pernah terkena skandal pencurian data akibat permainan kuis online yang dapat merekam data-data penggunanya. Sebab itulah kasus ini menjadi viral serta mengundang perhatian netizen dari seluruh dunia terhadap salah satu Founder Facebook yaitu sosok Mark Zuckerberg. Dari situlah saat ini, aplikasi kuis online dapat digunakan sebagai aplikasi yang cukup berbahaya bagi pengguna Android. Oleh sebab itulah sebaiknya pengguna lebih memilih aplikasi yang hendak dimainkan.

3. Aplikasi Penghemat Baterai

Sebagian orang percaya bahwa aplikasi penghemat baterai ampuh dalam perpanjang daya tahan baterai yang dimiliki oleh sebuah smartphone. Tetapi pada kenyataannya bukan hanya fakta itu saja yang bisa memperpanjang masa waktu pemakaian baterai pada smartphone. Terdapat banyak jenis aplikasi seperti ini yang tersedia di Google PlayStore, tetapi bukan efek signifikan yang akan kamu dapatkan, justru usia pemakaian baterai smartphone malah semakin boros.

4. Aplikasi Pembersih

Mungkin sudah banyak orang yang telah tertipu dengan kehadiran aplikasi pembersih yang ada di smartphone Android. Aplikasi ini memang cukup membantu ketika membersihkan hal-hal yang kurang berguna pada sistem smartphone, tetapi Android saat ini sudah dilengkapi dengan aplikasi pembersih yang merupakan bawaan dari smartphone tersebut yang memiliki fitur serupa, jadi menginstal aplikasi pembersih ini benar-benar sudah tidak berguna.

5. Aplikasi Gratisan

Sebaiknya para pengguna smartphone Android Jangan pernah tergiur dengan yang namanya aplikasi gratisan, khususnya aplikasi yang berasal dari sumber di luar Google PlayStore yang tidak resmi. Biasanya aplikasi tersebut tidak sempurna sehingga bisa saja telah terjangkit oleh Malware atau virus yang siap menyerang sistem Android yang ada pada smartphone kamu. 

Aplikasi yang cukup berbahaya bagi Android ini jelas bisa kamu menghindari dengan mudah. Kuncinya yaitu lebih memilah dalam mengunduh aplikasi tiruan yang mengandalkan embel-embel gratis atau harga murah. Bukan hanya itu saja loh, ketika kamu sedang menjelajah dunia maya atau menelusuri jaringan internet, perhatikan juga tab download yang mungkin terkadang bisa menginstal aplikasi Android secara otomatis.

Demikianlah Jenis-jenis aplikasi yang berbahaya bagi sistem operasi Android di Smartphone yang harus pengguna waspadai. Untuk mengatasi hal di atas kalian sebaiknya anda selektif serta mengamati permission yang diminta ketika menginstal aplikasi tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel