Jangan Diremehkan ! Kenali Penyebab Sakit Kepala

Jangan Diremehkan, Kenali Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan gejala umum yang bisa dirasakan oleh siapapun pada usia berapapun. pada umumnya sakit kepala bukanlah penyakit yang serius, namun bisa jadi suatu gejala yang menunjukkan adanya gangguan kesehatan lain.

sakit-kepala

Sakit kepala termasuk penyakit yang sangat sering dialami oleh seseorang. Mungkin hampir semua orang pernah merasakan yang namanya sakit kepala. Meskipun sakit kepala merupakan penyakit yang umum, tetapi sakit kepala tidak boleh diremehkan karena pada beberapa kasus dapat disebabkan oleh kondisi yang cukup darurat sehingga harus segera ditangani.

Sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak faktor. Kita harus mencari tahu dan mengenali penyebab sakit kepala yang kita rasakan. 

Penyebab Sakit Kepala

Biasanya sakit kepala dapat disebabkan oleh aktivitas yang sering kita lakukan atau kondisi yang sedang dialami saat itu. Berikut ini merupakan beberapa penyebab timbulnya sakit kepala, diantaranya:

1. Dehidrasi

Sakit kepala dapat dipicu dengan kekurangannya cairan dalam tubuh. Apabila sakit kepala ini merupakan gejala dari penyakit lain maka akan disertai dengan berkeringat, mual atau terasa sangat haus. Jadi apabila kamu mengalami pusing ada baiknya kamu segera meminum air mineral untuk mengisi cairan tubuhmu supaya segera pulih.

2. Telat makan

Pemicu sakit kepala kedua yaitu telat makan. Apabila kamu melewatkan jadwal makan, hal itu dapat menyebabkan asupan nutrisi untuk otak tidak berjalan dengan baik sehingga bisa menyebabkan sakit kepala. Jadi pastikan kamu makan dengan teratur untuk mengurangi risiko terkena sakit kepala.

3. Kurang tidur

Sakit kepala yang sering dialami di pagi hari kemungkinan besar dipicu dengan adanya kurang waktu tidur atau tidur kamu tidak berkualitas. Untuk mengurangi gejala seperti ini untuk hari selanjutnya pasti kan kamu tidur dengan waktu yang cukup dan berkualitas yaitu 6 sampai 8 jam perhari.

4. Kurang berolahraga

Berolahraga dapat meningkatkan kebugaran tubuh, dengan adanya kamu kurang berolahraga keseimbangan tubuh akan berkurang dan bisa menyebabkan sakit kepala. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan secara rutin seperti jogging di pagi hari atau bersepeda. Melakukan olahraga ringan dapat membantu menghilangkan rasa sakit yang disebut endorfin.

5. Stres

Stres dapat membuat otot-otot pada tubuh menjadi tegang serta dapat meningkatkan kadar zat kimia otak yang bisa memicu sakit kepala. Stres ini merupakan pemicu paling umum pada sakit kepala.sakit kepala yang disertai tegang pada otot bagian kepala sering dialami oleh orang yang sedang menderita stres. Untuk menghilangkan stres cobalah merileksasikan diri dengan liburan atau mengerjakan hobi yang kamu suka. Dengan stres yang hilang maka sakit kepala juga bisa segera pulih.

6. Sinar dari layar

Pada masa ini banyak orang yang bekerja terlalu lama di depan layar komputer atau laptop. Berhadapan dengan layar komputer, layar HP bahkan televisi dalam waktu yang cukup lama dapat membuat mata menjadi tegang dan bisa menjadi pemicu sakit kepala. Jika kamu sudah mengalami hal seperti ini untuk mengurangi sakit kepala, kamu bisa mencoba memejamkan mata atau mengalihkan pandangan selama beberapa menit dari layar.

7. Kebisingan atau suara nyaring

Tidak hanya dari kondisi tubuh saja, pengaruh luar seperti suara bising atau suara yang nyaring dengan berkepanjangan dapat memicu migrain dan jenis sakit kepala lainnya. Suara berisik dan kebisingan juga dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala.

Itulah beberapa penyebab dari sakit kepala yang sering kita alami. Selalu jaga kesehatan ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel