Daftar Aplikasi Belajar Online Terbaik Untuk Semua Jenjang Pendidikan

Pandemi virus Corona yang makin menyebar sangat berdampak pada sistem pendidikan terutama untuk mahasiswa serta anak sekolah sebab pemerintah menghentikan aktivitas di sekolah untuk sementara waktu dengan mengganti sistem belajar dari rumah secara daring atau online. Terdapat beberapa pilihan aplikasi belajar online yang bisa digunakan oleh siswa selama berada di rumah.

rekomendasi-aplikasi-belajar-online-terbaik

Sebenarnya terdapat beragam layanan aplikasi yang disediakan oleh perusahaan teknologi serta startup pendidikan yang bisa digunakan untuk menunjang belajar online. Baik itu dengan hadirnya fitur untuk para guru atau sekolah yang membuat kelas online program belajar mandiri program live-eaching layar ke sekolah harian dan lain-lain. Dari banyaknya aplikasi belajar online yang tersedia di Google Play Store ataupun App Store, berikut ini merupakan rekomendasi aplikasi pembelajaran online yang mudah digunakan untuk siswa selama masa pandemi:

1. Ruang Guru

Aplikasi Ruang Guru merupakan salah satu aplikasi belajar online yang paling populer dan dikenal oleh masyarakat Indonesia. Aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar dengan sistem online ini menyediakan semua jenjang kelas serta mata pelajaran inti dengan kurikulum nasional yang dipandu oleh guru yang tergabung di ruang guru.  Program yang terdapat pada aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi, baik itu yang sudah berlangganan maupun belum.

Program yang ada di aplikasi ini bisa diakses oleh siswa yang sekolahnya sedang diliburkan maupun tidak. Aplikasi Ruang Guru telah banyak digunakan oleh siswa untuk membantu memahami pelajaran bahkan sebelum masa pandemi. Sesi pembelajaran online yang telah selesai bisa diputar ulang oleh siswa. Bukan hanya itu saja, para pengguna yang telah berlangganan pada aplikasi ini dapat mengerjakan soal di fitur Baik soal dan try out secara gratis. 

2. Quipper

Aplikasi Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan yang telah didirikan di London, Inggris pada tahun 2010. Saat ini, aplikasi Quipper sudah dapat dinikmati di beberapa negara seperti Indonesia, Jepang, Filipina, Meksiko dan masih banyak lagi. aplikasi prepare telah menjadi bagian dari ekosistem pendidikan Indonesia sejak tahun 2015 dan sudah digunakan lebih dari 5 juta siswa serta 350.000 guru di seluruh Indonesia.

3. Kelas Pintar

Aplikasi Kelas Pintar mempunyai solusi belajar lengkap untuk siswa dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas yang bisa diakses setiap harinya. para pengguna aplikasi ini dapat belajar sesuai dengan karakter masing-masing, baik itu secara audio, visual, bahkan kinestetik. Dengan hadirnya metode belajar interaktif yang menggunakan video serta animasi dan e-book yang telah disediakan maka belajar di aplikasi Kelas Pintar dapat mempermudah anak dalam memahami pelajaran serta dinilai lebih efektif. Bukan hanya itu saja, aplikasi kelas pintar ini menyediakan banyak soal yang dapat dikerjakan oleh pengguna dan akan membagikan hasil evaluasi dengan tes adaptif, soal pilihan ganda dan tes periodik.

4. Rumah Belajar

Aplikasi Rumah Belajar merupakan aplikasi yang disediakan oleh Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia)  yang dapat digunakan sebagai portal pembelajaran online. Konten yang disediakan oleh aplikasi ini berbasis video, audio, gambar, serta animasi yang ditampilkan secara interaktif.

Selain itu, aplikasi rumah belajar juga menyediakan bank soal mulai dari tingkat SD SMP SMA SMK serta SLB. Bahkan pembelajaran untuk PAUD atau pendidikan anak usia dini juga tersedia di aplikasi yang bisa diunduh secara gratis ini.

Itulah rekomendasi aplikasi yang bisa menjadi penunjang atau mendukung proses pembelajaran guru serta siswa selama masa pandemi. Semoga bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel