Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Ponsel Androi

Smartphone telah banyak digunakan oleh banyak orang di zaman sekarang ini. namun tahukah kamu bahwa setiap kali kamu membeli smartphone, akan tersedia banyak aplikasi bawaan pada smartphone tersebut.

Memang aplikasi ini memudahkan para pengguna smartphone, mengingat fungsi dan guna pada tiap aplikasi yang tersedia. tetapi, mungkin tidak semua aplikasi yang disediakan kamu akan gunakan semuanya.

uninstall-aplikasi-android

Namun, aplikasi bawaan di tiap ponsel memicu kinerja ponsel tersebut menjadi sangat lambat. karena menggunakan penyimpanan internal dan menguras daya RAM ( Random Access Memory ) di tiap ponsel terbaru yang memiliki aplikasi bawaan tersebut.

Untuk menghapus atau uninstall aplikasi tersebut berbeda dengan aplikasi pada umumnya. karena aplikasi tersebut sudah terpasang di sistem pada ponsel, dan tidak mudah untuk menghapusnya.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena di artikel ini akan memberikan tips dan cara mudah dan efektif untuk menghapus aplikasi bawaan pada ponsel terbaru yang kamu miliki.

Berikut ini cara menghapus aplikasi bawaan pada ponsel tanpa melakukan root

cara-hapus-aplikasi-bawaan

Uninstall Langsung Di Aplikasi

Untuk dapat menghapus aplikasi bawaan, kamu tidak harus melakukan proses root di perangkat ponsel kamu. karena, ada beberapa aplikasi bawaan yang bisa kamu hapus. Caranya seperti ini :

Kamu masuk ke dalam fitur Setting, lalu cari dan klik pada menu App. Setelah itu kamu bisa langsung memilih aplikasi mana yang kamu ingin hapus atau uninstall. dengan mencari aplikasi bawaan dan tandai atau ceklis lalu pilih hapus maka kamu telah berhasil menghapus aplikasi tersebut. Trik menghapus aplikasi bawaan seperti ini dapat kamu gunakan untuk berbagai jenis tipe ponsel Android apapun. walaupun memiliki merk ponsel Android yang berbeda, namun cara proses untuk uninstall aplikasi masih sama.

hapus-aplikasi-tanpa-root

Disable Atau Nonaktifkan Aplikasi

Cara menghapus aplikasi bawaan pada ponsel selanjutnya adalah dengan cara melakukan disable atau menonaktifkan aplikasi bawaan yang akan kamu uninstall.

Dengan Cara membuka menu Setting, dam cari menu App. Setelah itu pindahkan pada bagian sebelah kanan hingga muncul tab semua kategori atau all category. cara ini bisa jadi berbeda di tiap ponsel android. maka itu, kamu harus menyesuaikan dengan ponsel terlebih dahulu.

Lalu kamu bisa pilih aplikasi bawaan yang akan kamu hapus, lalu klik tombol disable atau nonaktif. pada proses ini kamj akan mendapatkan peringatan mengenai penghapusan aplikasi penting. hiraukan saja kemudian kamu lanjut klik Ok.

Perlu kamu pahami, bahwa tidak semua jenis aplikasi dapat kamu disable atau nonaktif, karena dalam setiap ponsel memiliki aplikasi penting seperti aplikasi telepon, kontak, SMS, dan lain lain untuk berkomunikasi.

aplikasi-android

Menghapus Aplikasi Bawaan Dengan Play Store

Trik berikutnya untuk menghapus aplikasi bawaan yang ada pada ponsel Android yang kamu miliki melalui Google Play Store.

Pertama kamu buka Google Play Store, berikutnya buka menu, pilih dan klik Aplikasi & Game saya, lalu Install. dengan cara seperti ini kamu dapat melihat aplikasi apa saja yang sudah terinstall pada ponsel kamu. 

Lalu kamu bisa memilih aplikasi yang akan kamu hapus, setelah itu kamu akan dibawa ke halaman aplikasi tersebut didalam Google Play Store. Terkahir kamu bisa klik hapus untuk menghapus aplikasi tersebut. tidak hanya itu, kamu pun dapat dengan mudah untuk menonaktifkan aplikasi bawaan pada smartphone yang kamu miliki.

Itulah tadi beberapa Tips yang kamu bisa lakukan mengenai Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Ponsel Android.

Selamat Mencoba !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel