Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Dan Mengenali Keunggulan Fitur Aplikasi Meeting Zoom

Aplikasi Zoom merupakan salah satu aplikasi meeting secara daring yang dapat menjadi pilihan bagi para pekerja atau pun yang digunakan untuk siswa serta guru untuk berkomunikasi yang terpaksa harus menyelesaikan pekerjaannya atau pembelajaran di rumah  dari rumah akibat dampak yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. 

Zoom adalah salah satu aplikasi komunikasi yang menggunakan layanan video untuk pertemuannya. Aplikasi Zoom ini bisa digunakan berbagai perangkat telepon, seluler, desktop, dan sistem ruang. Biasanya para pengguna menggunakan aplikasi ini untuk melakukan konferensi atau meeting video dan audio secara online. Aplikasi Zoom didirikan sejak tahun 2011 yang berkantor pusat di San Jose, California, Amerika serikat yang kemudian digunakan oleh berbagai perusahaan atau organisasi untuk mengakomodir para karyawan dari jauh.

penggunaan-aplikasi-meeting-zoom

Fitur Aplikasi Zoom

1. Audio HD dan video

Dengan menggunakan aplikasi Zoom, pengguna tidak perlu cemas pada gambar serta audio yang dihasilkan karena aplikasi ini telah disokong dengan kualitas HD atau high definition. Bukan hanya itu saja, aplikasi zoom ini juga bisa didukung dengan 49 video di layar dan 1000 peserta.

2. Alat kolaborasi bawaan

Fitur yang terdapat dalam aplikasi Zoom dapat dimanfaatkan oleh beberapa pengguna untuk berbagi layar secara bersamaan serta ikut menulis catatan untuk pertemuan yang lebih interaktif dengan adanya alat kolaborasi dari aplikasi ini.

3. Keamanan

Para pengguna dari aplikasi zoom tidak perlu meragukan terkait dengan hal keamanan. Karena aplikasi ini sudah disokong dengan end-to-end encryption untuk seluruh rapat yang sudah diagendakan melalui aplikasi Zoom. Bukan hanya itu saja, terdapat pula perlindungan serta kata sandi hingga keamanan pengguna bisa dijamin lebih aman.

4. Transkrip dan rekaman

Selama menggunakan aplikasi Zoom, para pengguna bisa merekam suatu pertemuan atau rapat yang dilakukan dan menyimpannya di perangkat yang digunakan atau pada akun cloud masing-masing peserta. Dengan begitu hasil rekaman dapat ditemukan dengan mudah jika memang diperlukan lagi.

5. Fitur penjadwalan

Aplikasi Zoom telah memiliki fitur penjadwalan untuk memulai suatu pertemuan atau rapat. Bukan hanya itu, pengguna juga bisa memulai suatu pertemuan atau rapat melalui akun Gmail, Outlook atau iCal anda.

6. Obrolan tim

Dengan menggunakan aplikasi Zoom, para pengguna bisa mengobrol dengan para anggota grup secara mudah. Riwayat percakapan antar anggota grup pada aplikasi ini juga bisa dengan mudah ditemukan, berbagi file terintegrasi serta arsip yang dapat disimpan selama 10 tahun. Hal tersebut dapat memudahkan para pengguna untuk melakukan panggilan dari 1 pengguna ke pengguna yang lain atau panggilan grup.

Aplikasi zoom dapat digunakan pada perangkat seluler maupun perangkat komputer. Aplikasi zoom juga bisa dengan mudah ditemukan di perangkat Android ataupun iOS dengan nama Zoom Cloud Meetings.

Berikut ini adalah panduan cara menggunakan aplikasi zoom dengan menggunakan sistem Windows maupun Mac:

1. Buka aplikasi Zoom desktop.

2. Kemudian Anda bergabung dengan rapat menggunakan salah satu metode ini, yaitu:

  • Apabila Anda ingin bergabung tanpa Sign In,  maka klik Gabung Rapat.

  • Masuk ke aplikasi Zoom lalu klik Gabung.

  • Memasukkan nomor ID pertemuan atau rapat dan nama tampilan anda.

  • Apabila anda telah melakukan Sign In pada aplikasi Zoom, ubahlah nama anda jika anda tidak ingin nama default yang muncul pada aplikasi. 

  • Apabila anda tidak melakukan Sign In, maka masukkan nama tampilan.

  • Pilih apabila anda mau menghubungkan audio atau video dan klik Gabung.

Demikianlah fitur serta cara menggunakan aplikasi Zoom. Semoga bermanfaat !

Meysa Yulifa
Meysa Yulifa Hanya bisa berbagi sedikit pengetahuan melalui tulisan yang saya buat di Blog ini Semoga Bermanfaat ^_^

Berlangganan via Email