Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Dan Bahan Mengatasi Terlambat Haid ( Menstrusas

Saat usia remaja perempuan yang telah memasuki masa pubertas akan mengalami dengan berbagai perubahan tubuh. dimulai dari tumbuhnya bulu halus di ketiak,vagina, dan membesarnya payudara, juga terjadinya proses menstruasi.

jadwal-menstruasi-wanita

Menstruasi adalah dimana kondisi luluhnya sel telur di dinding rahim yang bersamaan dengan darah. umumnya, lama siklus proses menstruasi pada setiap perempuan adalah 28 hari sekali. Dengan jarak waktu menstruasi biasanya sekitar 4 sampai 6 hari.

Tetapi, tidak sedikit perempuan yang mengalami menstruasi tidak sesuai dengan siklus pada umunya. terkadang terlambat hingga berhari hari sampai berbulan bulan hingga membuat khawatir.

Menstruasi yang tidak lancar yang terjadi pada remaja dapat ditimbulkan dengan banyak faktor. dari tidak stabilnya hormon, kenaikan atau penurunan berat badan yang signifikan, pengaruh mengkonsumsi obat, dan aktivitas yang berlebihan.

nyeri-terlambat-haid

Berikut tips dan bahan yang kamu bisa lakukan untuk mengatasi masalah pada proses menstruasi

Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk memulai siklus menstruasi. Umumnya, jahe dikonsumsi sebagai minuman panas dicampur dengan ekstrak madu atau lemon untuk kelancaran menstruasi. minuman hangat jahe juga dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan dan kram menstruasi.

Kayu Manis

Jika siklus haid tidak lancar, konsumsi rumput kayu manis dapat membantu mengatasinya. Memang, kayu manis dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat membantu siklus menstruasi lebih teratur. Tidak hanya periode pendahuluan, kayu manis dapat meredakan kram atau nyeri saat menstruasi.

Bahkan, dapat digunakan untuk memecahkan masalah vagina. kayu manis ramuan sebagai fasilitator menstruasi bisa sangat mudah. Hanya perlu air mendidih mendidih atau dicampur dengan teh panas dan konsumsi secara teratur.

Kunyit

Kunyit telah lama dikenal sebagai salah satu herbal yang dapat membantu dengan periode peluncuran. Hal ini terjadi karena kunyit memiliki aktivitas estrogenik yang dapat memicu rahim untuk merangsang sirkulasi darah. tidak hanya untuk memulai siklus menstruasi, kunyit juga bisa meringankan kram perut pada saat kontraksi otot rahim pada saat menstruasi. Kunyit juga Kurkumin, yang berguna sebagai zat antiinflamasi.

Dengan demikian, dapat menjadi kontraksi otot kontrol kecil yang terjadi di dalam rahim. Cara menggunakan kunyit untuk memulai aturan proses, mendidih. dikonsumsi dalam minuman panas dan diberi asam tambahan, gula aren, dan sedikit garam.

Yoga dan Meditasi

Belajar yoga di rumah pada periode peluncuran secara kaleng biasa. Hal ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Alternative dan Complementary Medicine. Penelitian yoga menunjukan yang dapat membantu mengontrol kadar hormon yang membuat tidak teratur kalender menstruasi. Selain yoga, meditasi juga membantu mempercepat menstruasi. meditasi bermanfaat untuk menurunkan kadar hormon stres dan keseimbangan dalam tubuh.

Vitamin D

The asupan vitamin D dapat membantu periode pengantar. Hal ini karena vitamin D dapat membantu mempercepat proses sehingga ovulasi lebih teratur. Vitamin D dapat diperoleh dengan mudah oleh rutinitas sehari-hari dari matahari. Tak hanya itu saja, vitamin D juga bisa didapatkan dari suplemen vitamin D. dan beberapa makanan yang mengandung vitamin D. Misalnya, susu salmon, tuna, atau produk olahan.

Menjaga Berat Badan

Berat badan dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Pengurangan atau penambahan berat badan yang drastis bisa menjadi penyebab menstruasi tidak lancar. ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga off berat badan. Misalnya, konsumsi makanan bergizi setiap hari, olahraga teratur dan istirahat yang cukup. karena penting untuk menjaga tubuh Anda dalam berat badan ideal. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi.

Meysa Yulifa
Meysa Yulifa Hanya bisa berbagi sedikit pengetahuan melalui tulisan yang saya buat di Blog ini Semoga Bermanfaat ^_^

Berlangganan via Email