Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banyak Manfaat Makan Ikan Untuk Kesehatan

Indonesia merupakan negara kepulauan di mana banyak sekali jenis ikan yang hidup di perairan Indonesia. ikan laut sudah sangat populer akan kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan seperti protein, vitamin D, serta sumber omega-3 terbaik.

manfaat-ikan-bagi-kesehatan

Kandungan nutrisi yang ada dalam ikan sangat berperan penting bagi tubuh dan otak. Ikan salmon dan ikan tuna terkenal dengan kandungan nutrisi omega-3 yang lebih tinggi dai pada jenis ikan lain.

Kandungan omega-3 sangat bermanfaat bagi kesehatan otak dan jantung. Tapi tidak hanya itu loh.

Terdapat beberapa manfaat lain bagi kesehatan dari mengkonsumsi ikan laut secara rutin, diantaranya yaitu :

1. Menurunkan resiko stroke dan serangan jantung

Stroke dan serangan jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Karena dengan omega-3 yang tinggi dalam ikan mampu menurunkan resiko serangan penyakit jantung sebanyak 15% apabila mengkonsumsi 1 ikan atau lebih dalam seminggu. Asam lemak omega-3 pada ikan juga mampu menurunkan risiko aritmia yang menyebabkan kematian mendadak serta menurunkan kadar trigliserida dan menurunkan tekanan darah.

nutrisi-ikan-bagi-kesehatan

2. Mengandung nutrisi penting untuk perkembangan dan pertumbuhan

Asam omega-3 atau biasa disebut dengan DHA sangat penting bagi perkembangan mata dan otak. Untuk ibu hamil, guna menurunkan risiko kandungan merkuri dalam ikan hanya dibatasi sebanyak 340 gram per minggu. Walaupun ikan sangat bagus untuk perkembangan janin, seorang ibu yang sedang mengandung harus menghindari ikan mentah sebab berkemungkinan mengandung organisme yang membahayakan bagi janin.

3. Mencegah penurunan fungsi otak karena penuaan

Semakin bertambahnya usia, fungsi otak manusia bisa menurun dengan seiring berjalannya waktu. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang mengkonsumsi ikan laut lebih banyak dapat memperlambat penurunan fungsi otak.

4. Menjaga kesehatan mata pada lansia

Hasil penelitian yang sudah beberapa kali dilakukan membuktikan bahwa kandungan omega 3 pada ikan mampu menjaga kesehatan penglihatan. Mengkonsumsi ikan secara teratur dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan kesehatan mata sebanyak 42%.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 3 kali dalam seminggu dapat meningkatkan kualitas tidur, hal ini dibuktikan pada sebuah penelitian yang dilakukan pada pria paruh baya. Peneliti menyimpulkan hal tersebut dapat terjadi karena disebabkan oleh kandungan vitamin D yang ada dalam ikan salmon.

manfaat-ikan-bagi-penderita-diabetes

6. Mengurangi risiko terkena autoimun termasuk diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 dapat menyebabkan sistem kekebalan justru menyerang pankreas. Beberapa penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa mengkonsumsi omega-3 atau minyak ikan dapat menurunkan diabetes tipe 1 pada anak-anak serta orang dewasa.

Cara mencegah keracunan merkuri

Upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko keracunan merkuri saat mengkonsumsi ikan, kamu bisa mencoba ikuti upaya berikut ini:

1. Konsumsi ikan yang ukurannya besar

2. Bagi ibu hamil sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan mentah yang kemudian beresiko mengandung merkuri tinggi yang dapat membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.

3. Ikuti pedoman penyajian ikan laut yang akan dikonsumsi oleh anak-anak. Menurut FDA, ukuran penyajian yang tepat untuk anak-anak yang usianya di bawah 3 tahun bisa mengonsumsi 1 ons ikan dan 2 ons ikan untuk anak-anak yang berusia 4 sampai 7 tahun

4. Pastikan kamu memilih restoran yang menyajikan sushi sebelum mengkonsumsi makanan yang disajikan,pastikan sushi yang disajikan di restoran tersebut diolah dengan aman sehingga tidak membahayakan bagi kesehatan.

Baca Juga :

- Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

- Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan

Meysa Yulifa
Meysa Yulifa Hanya bisa berbagi sedikit pengetahuan melalui tulisan yang saya buat di Blog ini Semoga Bermanfaat ^_^

Berlangganan via Email