Hati Hati ! Banyak Kalori Yang Terkandung Dalam Minuman Bubble Tea

Teman, apakah kalian suka minum bubble tea? Berapa kali minum di dalam seminggu? Pasti sering ya. Tak heran banyak banget yang menggemari minuman bubble tea ini. Pabrik teh merupakan minuman manis yang tidak berkarbonasi serta tidak mengandung alkohol yang sedang populer saat ini.

minuman-bubble-tea

Kalangan anak muda saat ini sangat menyukai minuman manis yang berasal dari Asia ini. Dengan isian bubble atau Boba atau pearl yang terbuat dari tepung tapioka ini menjadi kombinasi wajib dari minuman yang manis dan dingin. Tekstur dari bubble atau boba ini kenyal ketika digigit.

     Beberapa jenis minuman bubble tea:
  • Minuman teh dengan beraneka rasa
  • Minuman yang mengandung susu atau berbentuk creamy
  • Mengandung banyak pemanis buatan
  • Terdapat tambahan bola tapioka yang disebut bubble atau pearl atau boba
  • Minuman yang memiliki rasa buah-buahan

Pada umumnya terdapat jenis bubble tea lain yang ditambahkan ke dalam minuman tersebut selain bubble seperti jelly dan pudding telur. Selain minuman teh, terdapat juga minuman lain yang ditambahkan bubble atau boba seperti jus buah, kopi dan milk tea.

biji-boba

Kandungan yang terkandung dalam bubble tea:

Seperti yang kita tahu bahan utama bubble atau boba adalah tepung tapioka, sehingga nutrisi utama dari bubble adalah karbohidrat. Bubble mengandung vitamin dan mineral yang sangat rendah, bahkan bubble atau boba memiliki kandungan serat yang amat sedikit. Mengkonsumsi bubble terlalu banyak dan terlalu sering bisa meningkatkan resiko terkena sembelit atau konstipasi.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang dikandung 1 gelas bubble tea:

  • 350 - 450 kalori
  • 54 - 70 gram karbohidrat
  • 30 - 70 gram gula

Wah banyak banget kan kalori yang terkandung, gak kebayang deh apabila kamu sering mengkonsumsi nya apalagi lebih dari 1 gelas dalam sehari. Pasti kamu tahu deh kalori dapat mengakibatkan naiknya berat badan, tapi tak hanya itu banyak resiko kesehatan yang diakibatkan karena mengkonsumsi bubble tea secara berlebihan, diantara adalah:


1. Peningkatan Berat Badan

Mengkonsumsi bubble tea secara berlebihan dan teratur dapat meningkatkan berat badan apabila tidak diimbangi dengan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh lainnya. Bahkan bukannya tidak mungkin dari mengkonsumsi bubble tea secara rutin bisa menyebabkan obesitas, tanda diabetes itu bisa meningkatkan risiko penyakit penyakit lainnya. Kombinasi antara sirup buah, tapioka serta susu dapat meningkatkan kalori sebanyak 350-400 hanya dalam satu gelas.

2. Meningkatkan Resiko Sembelit

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bubble tea mengandung sangat sedikit serat. Dengan begitu hal tersebut dapat menyebabkan Anda mengalami konstipasi atau sembelit yaitu susah buang air besar. Pasti perut nggak nyaman banget dan terasa begah.

3. Meningkatkan Risiko Diabetes

Kandungan gula serta karbohidrat yang tinggi yang terdapat dalam satu gelas bubble tea dapat meningkatkan resiko diabetes. Jadi bagi yang sudah menderita diabetes amat sangat dianjurkan untuk menghindari minuman ini.

Konsumsi gula yang disarankan

AHA atau The American Heart Association membatasi jumlah gula tambahan. Bagi wanita jumlah gula yang dianjurkan dalam mengkonsumsi gula hanya 100 kalori per hari atau sebanyak 6 sendok teh gula. sedangkan pria dianjurkan mengkonsumsi gula 150 gram per hari atau 9 sendok teh gula.

Demikianlah penjelasan tentang kandungan bubble tea serta resiko kesehatan yang ditimbulkan oleh seringnya mengkonsumsi oleh minuman manis ini. Jangan lupa selalu jaga kesehatan ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel